BPS Kota Ambon dan BPS MBD Raih Penghargaan Terbaik dalam ST2023

Share:


satumalukuID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Ambon dan BPS Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mendapatkan penghargaan sebagai BPS dengan progres penyelesaian tercepat dan kualitas data terbaik dalam pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST2023).

Penghargaan ini diberikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadli Ie, saat rapat evaluasi pelaksanaan ST2023 BPS kabupaten/kota di Kota Ambon, Senin (14/8/2023).

Kepala BPS Provinsi Maluku, Maritje Pattiwaellapia, menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi karena BPS Kota Ambon dan BPS Kabupaten MBD berhasil menyelesaikan pelaporan ST2023 dengan cepat dan data yang berkualitas.

Terlebih lagi, Kabupaten MBD berhasil meraih capaian yang baik meskipun berada di daerah yang jauh, dengan mode pendataan Paper Assisted Personal Interviewing (PAPI). Kota Ambon juga mendapat pujian karena pendataannya menggunakan HP yang lebih cepat.

Kepala BPS Kabupaten Maluku Barat Daya menekankan bahwa koordinasi yang baik dengan petugas cacah lapangan (PCL) menjadi kunci keberhasilan dalam menghimpun data secara cepat dan akurat.

“Persiapan yang matang, monitoring, dan evaluasi berkelanjutan dengan PCL memastikan bahwa perencanaan dan pelaksanaan ST2023 berjalan lancar sesuai target.

Pihak BPS berharap penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk menyelesaikan pengolahan data hingga finalisasi dengan baik,” ujarnya.

Evaluasi pelaksanaan ST2023 juga menyajikan sejumlah materi terkait peluang pertanian di Maluku,

Pemanfaatan data ST2023 untuk perencanaan pembangunan di bidang perikanan Provinsi Maluku, dan peran perguruan tinggi sebagai penyedia data statistik khusus, yang disampaikan oleh berbagai narasumber. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini