Penerbangan ke Ambon Diselimuti Awan Tebal, BMKG: Siang Hari Hujan Ringan

Share:

Suasana di apron Bandara Pattimura Ambon pada Rabu pagi (5/7/2023)

satumalukuID – Gumpalan awan menyelimuti wilayah Pulau Ambon menyebabkan penerbangan menuju Bandara Pattimura sempat terjadi beberapa kali guncangan kecil.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur Kota Ambon pada siang hari.

 

Rabu pagi tadi (5/7/2023), ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan ke Bandara Pattimura dari Jakarta. Penerbangan itu diantaranya Citilink, Lion Air dan Batik Air.

 

Dari penuturan sejumlah penumpang yang baru saja turun dari pesawat Citilink, awan pekat terlihat saat pesawat hendak memasuki Kota Ambon. Bahkan, pilot sempat memberikan peringatan kepada para penumpang agar tetap duduk di tempat lantaran cuaca buruk.

 

“Tapi untungnya, tak ada masalah yang terjadi dan kami mendarat mulus di Bandara Pattimura,” kata Arnold, salah satu penumpang Citilink dari Jakarta.

 

PRAKIRAAN BMKG

 

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia.

 

Prakirawan BMKG Marlin Denata mengatakan sirkulasi siklonik yang terletak di Laut China Selatan dan Papua Barat menyebabkan konvergensi dan konfluensi, sehingga meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

  

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," ujarnya dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

  

Berdasarkan data prakiraan BMKG, saat siang ini, hujan ringan mulai mengguyur Denpasar, Serang, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Palangka Raya, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, dan Mamuju. (aldi josua)

  

 

Share:
Komentar

Berita Terkini