Mantan Kapolda Maluku Royke Lumowa Mulai Bersepeda Keliling Dunia selama 1 Tahun 3 Bulan

Share:

Sejumlah rekan komunitas sepeda tos dengan Royke Lumowa sesaat setelah dilepas di titik start, Monas.

satumalukuID - Mantan Kapolda Maluku Irjen (purn) Royke Lumowa memulai perjalanan bersepeda keliling dunia, Sabtu (8/7/2023).

Dia memulai start dari pelataran silang Monas untuk memulai perjalanan melintasi 47 negara, yang akan berakhir di Menara Eiffel Paris.

Perjalanannya yang ditempuh 1 tahun 3 bulan itu ditemani brand sepeda lokal, Wdnsdy Bike. Juga apparel dari SUB Jersey.

Start perjalanan yang diberi nama Cycling Anywhere to Save the Earth itu sekaligus menjadi kick off dari Program Kementerian Perhubungan yang diberi nama Pekan Nasional Keselamatan Jalan atau PNKJ.

Keberangkatan Royke itu dilepas oleh sejumlah pejabat dari Kementerian dan Lembaga (K/L). Salah satu yang datang langsung adalah Menteri Dalam Negeri Jenderal (purn) Tito Karnavian.

“Saya datang ke sini bukan sebagai kapasitas menteri. Pak Royke ini sahabat saya sejak taruna. Kami sama-sama dari angkatan Laju (Akpol 1987),” kata Tito.

Mengutip mainsepeda.com, perjalanan mantan Kakorlantas Polri itu berhubungan dengan tugas kementerian terkait.

Pertama dia ingin membawa misi merajut persahabatan antarnegara dalam rangka perdamaian dunia. Kedua membawa isu lingkungan yakni soal kelestarian sumber daya alam. Ketiga, mengampanyekan bahwa sepeda adalah satu-satunya moda transportasi ramah lingkungan.

Keempat ada hubungannya dengan Kementerian Olahraga yakni mengampanyekan grand strategi Kemenpora terkait promosi Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpaide 2036.

"Saya juga nanti akan menjadi duta perwakilan Indonesia untuk hadir di Olimpiade musim panas 2024 memang digelar di Paris. Pas dengan lokasi finis petualangan Royke.

Yang kelima, Royke mengusung misi kampanye pariwisata lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia. Yakni, Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. (alvi petra)


Share:
Komentar

Berita Terkini