Sekolah Lansia Pertama di Maluku Hadir di Negeri Hutumuri

Share:

Kaum Lansia di Negeri menari menyambut kehadiran para pejabat yang akan meresmikan Sekolah Lansia.

satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon mewujudkan sekolah Sekolah untuk Lanjut Usia (Lansia) di Negeri Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Lembaga pendidikan nonformal ini diresmikan Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Jumat (16/6/2023) dan tercatat sebagai sekolah Lansia pertama di Ambon dan Maluku.

 

Sekolah Lansia adalah program Nasional yang diluncurkan memperingati Hari Lansia pada 29 Mei lalu.

 

Dalam sambutannya, Wattimena menyatakan Sekolah Lansia di Negeri Hutumuri dibentuk atas Kerjasama Dinas Pengendalian Pendudukan dan KB (DPPKB) Kota Ambon bersama BKKBN Provinsi Maluku.

 

Hal itu merupakan wujud tangggungjawab untuk mensejahterakan para Lansia.

 

Menurut Wattimena, golongan Lansia bukanlah beban keluarga. Sebagai golongan yang telah memiliki banyak pengalaman hidup, mereka diharapkan dapat menurunkan pengalaman kepada generasi muda dan menjadi motor penggerak perubahan mental di keluarga masing-masing.

 

“Sudah saatnya Lansia menjadi pemimpin utama dalam rangka memberikan nasehat, himbauan dan menularkan pengalaman hidup kapada anak cucu,” jelasnya.

 

Dengan adanya sekolah Lansia, pemerintah bersama stakeholder lainnya termasuk PKK dapat memastikan para lansia hidup sejahtera lahir dan batin.

 

Ketua TP PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Ismail menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada Pemkot Ambon dan BKKBN Maluku serta Pemerintah Negeri Hutumuri dalam mengembangkan sekolah Lansia yang dikelola Kelompok Bina Keluarga Lansia (KBKL) Nusa Indah. (aldi)

 


Share:
Komentar

Berita Terkini