Dikunjungi Kemenparekraf, Negeri Rutong Tembus 75 Besar ADWI 2023

Share:


satumalukuID - Negeri Rutong Kota Ambon telah menembus 75 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023. 


Saat ini, Tim dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dipimpin Direktur Tata Kelola Destinasi Indra Ni Tua sudah melakukan kunjungan ke negeri yang terletak di Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ambon Rico Hayat menjelaskan ADWI 2023, telah dibuka dari Bulan Januari 2023. Negeri Rutong, ikut serta di ajang tersebut.

Setelah lewat penilaian secara berjenjang, Negeri Rutong awalnya masuk dalam 500 besar desa wisata dari 4753 desa wiata yang mendaftar.

Setelah proses kurasi lebih lanjut, Negeri Rutong kemudian lolos 300 besar dan sekarang masuk 75 besar. “Dengan alasan itu, maka Direktur berama Dewan Juri ADW 2023 mengunjungi Negeri Rutong untuk penilaian,” ungkap Rico.

Ada lima kategori yang menjadi penilaian juri saat berkunjung, yakni Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet Umum, Souvenir, Digital dan Konten Kreatif, serta Kelembagaan dan Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability. (alvi petra)

Share:
Komentar

Berita Terkini