170 Ton Sampah di Arbes dan Ahuru Diangkut DLHP Pemkot Ambon

Share:

Pengangkutan sampah di kawasan Arbes dan Ahuru oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon

satumalukuID - Sampah yang menumpuk di kawasan Air Besar dan Ahuru, Negeri Batumerah, telah diangkut Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon.

Sampah yang dibuang masyarakat dan diangkut DLHP Kota Ambon di wilayah Arbes-Ahuru ternyata mencapai ratusan ton. “Ada 170 Ton yang kita angkut hari ini,” kata Plt Kabid Persampahan, DLHP Kota Ambon, Nizar kepada wartawan di Ambon, Kamis (22/6/2023).

Dikatakan, pengangkutan ratusan ton sampah tersebut, menggunakan satu unit eksavator, 15 Dum Truck dan enam unit Amrol, dimana setiap Dum Truck dan Amrol dua kali melakukan pengangkutan. “Kita sudah angkut disini kalau mau dihitung-hitung telah lebih dari 10 kali. Jadi bukan baru kali ini saja,”ungkapnya.

Terkait dengan masalah pembuangan sampah pada lokasi dimaksud, Nizar menjelaskan, lokasi Arbes-Ahuru yang sering menjadi sasaran tempat pembuangan sampah oleh masyarakat, sejatinya bukanlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) umum yang disediakan pemerintah melainkan lahan kosong milik masyarakat.

Himbauan sering diberikan Pemkot kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di wilayah tersebut, sudah berulang kali dilakukan. Tapi tak pernah diindahkan. Padahal, sampah yang dibuang masyarakat di kawasan tersebut dalam sebulan atau dua pekan bila tidak diangkut, mulai menggunung hingga meluber ke badan jalan. Kondisi serupa kembali terjadi dalam beberapa pekan terakhir di Arbes-Ahuru.

“Jadi memang untuk masalah sampah ini, kita hanya butuh kesadaran masyarakat. Buang sampah pada tempat dan waktunya. Itu saja,” ungkap Nizar. (aldi)


Share:
Komentar

Berita Terkini