Wattimena Lanjut Jabat Pj Walikota Ambon, Salampesy dan Andi Chandra?

Share:


satumalukuID - Teka teki siapa yang akan menjadi Penjabat (Pj) Walikota Ambon untuk masa bakti satu tahun ke depan, 2023 - 2024 pasca kepemimpinan Pj Bodewin M. Wattimena yang akan berakhir pada Rabu 24 Mei 2023 mulai terjawab.

Seperti diberitakan, DPRD Kota Ambon telah mengirimkan tiga nama calon Pj Walikota Ambon periode satu tahun ke depan pada bulan April 2023 lalu ke Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian.

Mereka adalah Bodewin M. Wattimena (saat ini masih menjabat Pj Walikota), Agus Ririmasse (Sekretaris Kota Ambon) dan Matheos Tan (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah Kemendagri).

Siapa dari ketiganya yang ditetapkan sebagai Pj Walikota Ambon periode 2023 - 2024 oleh Mendagri ? 

Informasi yang diterima media ini dari sumber yang layak dipercaya di Jakarta, Sabtu (20/5/2023), menyampaikan bahwa SK Mendagri untuk empat Pj kepala daerah di Maluku, yakni kabupaten Buru, Seram Bagian Barat (SBB), Kepulauan Tanimbar dan Kota Ambon, sudah diteken Mendagri.

"Mendagri M. Tito Karnavian sudah teken SK Penjabat empat kepala daerah di Maluku. Yang saya tahu persis itu, untuk Pj Walikota Ambon tetap dipercayakan kepada pak Bodewin M Wattimena," ujar sumber media ini.

Ditegaskan lagi, SK Mendagri tersebut tertanggal 18 Mei 2023 dan selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Maluku untuk proses pelantikan.

"SK Mendagri itu sudah diterima oleh Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Maluku, D.N. Kaya di Kemendagri dan dibawa ke Ambon," kata sumber itu lagi.

Sementara itu, Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena saat dihubungi dan dikonfirmasi media ini secara tetpisah, mengatakan, belum bisa berkomentar sampai SK Mendagri itu telah berada di tangan Gubernur Maluku, Murad Ismail.

"Soal saya atau siapa yang ditunjuk Mendagri kita tunggu SK nya saja. Saya belum bisa beri keterangan sebelum SK nya sudah ada di tangan pak Gubernur. Saya cuma dapat info memang SK nya sudah ditandatangani oleh pak Mendagri," kata Wattimena, berdiplomasi.

Selain itu, informasi lain yang disampaikan sumber media ini, yakni untuk Pj Bupati Kabupaten Buru dan Pj Bupati SBB, Mendagri tetap menunjuk Djalaludin Salampesy dan Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin untuk terus lanjutkan kepemimpinan mereka hingga satu tahun lagi.

Untuk diingat, Bodewin Wattimena dilantik sebagai Pj Walikota setelah selesainya masa jabatan Walikota sebelumnya, Richard Louhenapessy, yang di akhir masa pengabdiannya tersandung kasus tindak pidana korupsi dan sampai kini ditahan oleh KPK RI.

Bodewin Wattimena dilantik bersama Pj Bupati Buru Djalaludin Salampessy, Pj Bupati SBB Brigjen.TNI Andi Chandra As’aduddin dan Pj Bupati Kepulauan Tanimbar, Daniel Indey pada 24 Mei 2022 di Lapangan Merdeka Ambon.

Sebanyak 12 nama calon penjabat kepala daerah dari tiga kabupaten dan satu kota di Maluku tersebut telah diusulkan ke Kemendagri pada April lalu. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini