Tim SAR Temukan Seorang Warga Hilang di Perairan Halmahera Utara

Share:


satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil menemukan seorang warga Desa Tobo-Tobo Kabupaten Halmahera Utara, bernama Lanopu (50 tahun) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Korban yang sempat dilaporkan hilang saat pergi melaut karena long boat yang digunakan mengalami kebakaran. Pencarian yang dilakukan oleh tim SAR Gabungan sejak Jum'at dan hari ini, akhirnya membuahkan hasil dengan menemukan jasad korban," kata Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman di Ternate, Senin (1/5/2023).

Dia menjelaskan, korban berhasil ditemukan pada koordinat 2° 7'1.50"N / 127°46'3.36"E atau di pesisir pantai Pulau Salangadeke, Halmahera Utara dalam kondisi meninggal dunia.

Jasad korban kemudian dievakuasi menggunakan RIB Tobelo ke rumah duka dan diserahkan ke keluarga di Desa Tobo-tobo.

Seperti diketahui, tanggal 27 April 2023 pukul 07.00 WIT korban berangkat melaut menggunakan longboat. sekitar pukul 19.00 wit, dari kejauhan warga melihat perahu yang ditumpangi korban terbakar.

Warga kemudian melakukan pertolongan dan pencarian di Sekitar LKP terhadap korban. Namun hanya menemukan perahu yang digunakan korban ke laut, sementara belum ditemukan keberadaan korban.

Sebelumnya, Danpos Basarnas Tobelo M. Rizal saat dihubungi membenarkan peristiwa itu setelah adanya laporan ke Pos Basarnas Tobelo bahwa adanya kehilangan warga desa Tobo Tobo.

"Kami terima laporan pagi Jumat (28/4) dan langsung melakukan koordinasi dengan Instansi terkait Polairud dan TNI AL yang berada di Tobelo. Kami Respon Time kemudian langsung menuju ke titik pencarian," katanya.

Kronologi kejadian yakni sekitar pukul 19.00 Kamis (27/04/2023) kemarin korban menggunakan Longboat untuk melaut di antara selat pulau Tobo Tobo dan pulau Dagasuli.

Diduga terjadi kebakaran pada bagian mesin Perahu Korban menjadi pemicu korban hilang hingga saat ini. (Abdul Fatah/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini