Tim SAR Selamatkan Penumpang Kapal Tenggelam di Halmahera Timur

Share:


satumalukuID - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi seluruh korban KM Sinar Marito yang mengalami kebocoran dan tenggelam dalam perjalanan dari desa Jara-Jara Halmahera Timur menuju Halmahera Utara.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman dihubungi, di Ternate, Rabu (17/5/2023), menjelaskan, tim SAR gabungan tiba di desa Labi-Labi, kemudian melakukan koordinasi dengan warga dan membantu melakukan evakuasi penumpang ke Desa Majiko.

Seperti diketahui, berdasarkan laporan BPBD Halmahera Timur satu kapal bernama KM Sinar Marito mengalami kebocoran saat dalam perjalanan dari Halmahera Timur menuju Halmahera Utara pada Selasa dan sekitar pukul 17.15 WIT seluruh penumpang dievakuasi dalam kondisi selamat. Sedangkan kapten kapal dan satu orang ABK yang bertahan di atas kapal baru dievakuasi kemudian. 

Tim kemudian melakukan pendataan penumpang dan kru kapal,  dengan rincian 12 orang penumpang, satu nakhoda dan satu orang ABK. Sementara itu laporan KM Sinar Marito yang tenggelam itu juga membawa 16 ton jenis kopra, 142 koli ikan. 

Adapun penumpang yang menjadi korban itu diantaranya Rusna Gorahe (70 tahun), Abdul Haris Jauhar (18 tahun), Juliati Jauhar (16 tahun), Yerna Kaoci (53 tahun), Bayu Muslim (48 tahun), Karlin Bauronga (37 tahun), Yul Abd Rahman (40 tahun), Jendrik Sondak (22 tahun), Pit Danawaka (57 tahun), Joni Wange Malako (68 tahun), Fenti, Yelmina Romoni (53 tahun), kapten kapal Tein Mailuas (31 tahun), dan ABK Irwan Lilipi (32 tahun).

Dengan telah ditemukan seluruh korban dalam keadaan selamat maka Operasi SAR dinyatakan pun selesai, katanya. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini