PLN UP3 Tual Lakukan Aksi Bersih Ruang Terbuka Publik

Share:

PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tual melakukan aksi bersih ruang terbuka hijau kawasan Taman Fire, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku, Sabtu (27/5/2023).
Photo: HO-Humas PLN UIW MMU/ant

satumalukuID - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tual melakukan aksi bersih ruang terbuka hijau di kawasan Taman Fire, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku.

"Aksi bersih ini melibatkan seluruh pegawai maupun Tenaga Alih Daya (TAD) PLN UP3 Tual, sebagai rangkaian program PLN Pusat yaitu program relawan pegawai," kata Manajer PLN UP3 Tual, Martinus Irianto Pasensi, Sabtu (27/5/2023).

Program relawan pegawai atau Employee Volunteer Program (EVP) bertujuan untuk membangun dan meningkatkan jiwa kepedulian komunitas pegawai PLN agar terlibat secara aktif dalam memberikan manfaat positif di lingkungan sekitar.

Ia mengatakan, Taman Fire merupakan salah satu ruang terbuka publik di Malra yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas santai sehari-hari, tetapi lokasi tersebut kerap dipenuhi sampah yang berdampak buruk bagi kesehatan.

"Berbagai jenis sampah, seperti dedaunan, ranting dan batang pohon, kertas, hingga sampah plastik tak luput dari pandangan mata, sehingga sontak membuat pengunjung enggan mengunjungi lokasi tersebut," katanya.

Pegawai PLN, kata Martinus dituntut untuk lebih peka terhadap kebutuhan lingkungan sekitar, juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata, baik dalam hal pendidikan, ekonomi, lingkungan hidup.

"Kami harap kegiatan ini dapat berjalan secara rutin, bukan hanya difokuskan di lingkungan hidup saja, melainkan di sektor lainnya juga, seperti pendidikan dan ekonomi," ujar Martinus.

General Manajer PLN UIW Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula mengatakan, aksi ini  sudah menjadi tuntutan setiap pegawai untuk mempunyai andil dalam program sosial kemasyarakatan.

“Setiap pegawai mempunyai peranan untuk menjalankan program ini sehingga dapat meningkatkan rasa kepedulian, antusias serta tanggung jawab terhadap sosial maupun lingkungan, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan ini akan menjadi agenda PLN ke depan, sehingga program ini bukan hanya angin lalu saja, melainkan dapat diterapkan secara berkelanjutan.

Awat mengajak seluruh pegawai maupun masyarakat sekitar untuk lebih peka menjaga lingkungan, dan selanjutnya koordinasi dengan dinas terkait pun akan dimaksimalkan. (Penina Fiolana Mayaut/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini