Diaspora Maluku Diminta Bersatu untuk Bangun Tanah Papua

Share:


satumalukuID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) meminta masyarakat Maluku yang ada di daerah itu untuk bersatu bersama warga lain di Bumi Cenderawasih tersebut guna membangun Tanah Papua lebih maju untuk Indonesia yang lebih hebat.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Papua Susana Wanggai dalam siaran pers Selasa (17/5/2023), mengatakan saat ini Papua telah dimekarkan menjadi empat provinsi, sehingga jangan sampai masyarakatnya juga terpisahkan dengan adanya daerah otonomi baru (DOB).

"Untuk itu kami mengajak kepada semua warga untuk berkomitmen untuk selalu bersatu membangun Papua yang lebih maju untuk Indonesia yang lebih hebat," katanya.

Dia mengatakan hal itu pada saat acara puncak peringatan Hari Pahlawan Nasional (HPN) Kapitan Pattimura ke-206 tahun 2023 yang berlangsung di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura, Senin (15/5).

Menurut dia, tema yang diusung pada peringatan HPN Kapitan Pattimura ke 206 yakni 'Katong Satu Katong Kuat' menjadi tantangan bukan saja untuk masyarakat Maluku tetapi juga untuk seluruh warga yang berada di Tanah Papua.

Dia berharap melalui HPN Kapitan Pattimura ke-206 dapat dijadikan momentum bagi orang Maluku di Papua untuk terus berkarya dalam bidang masing-masing.menjadi pahlawan masa kini dengan karya nyata.

"Orang Maluku telah bersama-sama dengan masyarakat Papua membangun Papua dan pekerjaan itu belum selesai maka harus bekerja lebih keras untuk menjaga Papua lebih kondusif, dan membangun Papua lebih maju," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) Pusat di Tanah Papua Christian Sohilait mengatakan peringatan HPN Kapitan Pattimura 2023 bukan hanya dilakukan di Kota Jayapura, tetapi juga di Sorong, Papua Barat dan Wamena, Papua Pegunungan.

"Sementara arti dari tema yang diusung kali ini yakni “Katong Satu, Katong Kuat” ialah orang Maluku di Tanah Papua tidak boleh terpecah belah meskipun Papua sudah dimekarkan menjadi enam provinsi dan dihadapkan dengan konstelasi politik," katanya.

Ketua Panitia HPN Kapitan Pattimura ke 206, Mega MF Nikijuluw mengatakan peringatan HPN Kapitan Pattimura ke-206 dilaksanakan sebagai wadah berhimpun sekaligus wadah silaturahmi antar sesama bersaudara anak Negeri Maluku di Tanah Papua.

"Tetapi juga melaluinya dapat memaksimalkan koordinasi dan kerja sama antara organisasi Ikemal dengan pemerintah daerah setempat guna memberikan kontribusi pemikiran dan hal positif lainnya serta membangun komunikasi antar sesama masyarakat di tanah Papua," katanya. (Ardiles Leloltery/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini