Pemkab Halmahera Tengah Minta Pengurus Apdesi Kelola ADD Sesuai Peruntukan

Share:

Penjabat Bupati Kabupaten Halteng, Ikram M Sangadji saat melantik Pengurus DPC Apdesi kabupaten Halteng bertempat di aula Salahuddin bin Talabuddin, Rabu (3/5/2023).

satumalukuID - Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara meminta seluruh pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdes) mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sesuai peruntukkan.

"Kami akan tertibkan penggunaan ADD DD yang ada di desa masing-masing sesuai penggunaannya agar jangan disalahgunakan karena akan berhadapan dengan hukum," kata Pj Bupati Halteng Ikram M Sangadji usai melantik Pengurus DPC Apdesi Kabupaten Halteng di aula Salahuddin bin Talabuddin Pemkab Halteng, Rabu (3/5/2023).

Ikram meminta pengurus yang baru dilantik agar ke depan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang lebih baik, karena pemerintah desa adalah unjuk tombak pemerintah kabupaten yang melaksanakan pelayanan tugas dan tanggung jawab kepada masyarakat, terutama dalam pengelolaan ADD dan DD agar tepat sasaran.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat, dia akan berkantor di kecamatan-kecamatan di mulai dari seluruh Kecamatan Patani.

"Saya akan melihat secara langsung kinerja perangkat desa dan kecamatan, bila perlu saya mengendarai motor untuk memonitor langsung pelayanan kepada masyarakat yang ada di kecamatan dan desa tersebut," ujarnya.

Di samping itu, Pj Bupati berjanji akan membangun rumah layak huni, karena rumah layak huni menjadi barometer mengatasi kemiskinan, kalau rumah tidak layak menjadi penyebab meningkatkan angka kemiskinan.

"Kita harus menekan angka kemiskinan di Kabupaten Halmahera Tengah hingga nol persen," katanya.

Dia menyebut, ada lima program prioritas Pemkab Halteng di antaranya, kesehatan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, UMKM serta pengentasan kemiskinan yang berjalan.

Pemkab Halteng akan memberikan fasilitas kendaraan roda empat kepada perangkat desa untuk menjalankan roda pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Sebab, kata Pj Bupati, dengan adanya kendaraan roda empat di desa maka kebutuhan hasil perkebunan, perikanan dan lain lain akan terdistribusi serta dapat dirasakan manfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu, Ketua Apdesi Kabupaten Halteng Susana Adam mengatakan pelantikan pengurus Apdesi ini menjadi sebuah momen yang penting bagi seluruh desa di Halteng.

Sebab, sebagai organisasi yang mewadahi kepala desa dan seluruh aparatur desa, Apdesi memiliki peran yang sangat vital dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memajukan pembangunan desa.

"Oleh karena itu semua pihak harus melakukan perubahan signifikan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," katanya. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini