Kailuhu Band Tampil Keren di Kentucky Amerika Serikat

Share:


satumalukuID  - Kailuhu Band, salah satu group band etnik reggae asal Kota Ambon, tampil di Negara Bagian Kentucky, America Serikat, pada 12 - 13 Mei 2023.

Mereka berkolaborasi dengan The Wheelhouse Rousters di Lower town Arts and Music Festival yang digelar di Paducah, Kentucky, Amerika Serikat.

"Kaihulu band tampil dengan The Wheelhouse Rousters membawakan lima lagu selama 45 menit," Kata Direktur Ambon Music Office (AMO), Ronny Loppies ketika dihubungi via telepon, Minggu (14/5/2023).

Ia mengatakan, kolaborasi musik harmoni Ambon bertemu dengan musik country Paducah membuat semua yang hadir bergembira dan melihat kekuatan musik sebagai alat kolaborasi dan perdamaian.

"Kolaborasi musik Ambon dan country membawakan lagu Ambon yakni hasil Maluku dan "song for peace" ciptaan Ronny Loppies menjadi penutup yg berkesan," katanya.

Sementara Kaihulu juga tampil membawakan empat lagu Ambon yakni Sudah berlayar (Acapella), Hio-Hio, Tifa beat dan Arwan sir-sir.

"Penampilan Kaihulu band sangat membanggakan, bahkan focal Point UNESCO city of Craft and Folks Arts sempat mengeluarkan air mata melihat keindahan bermusik yg ditampilkan Kaihulu," ujar Ronny.

Diakuinya, penampilan Kaihulu membuktikan kepada dunia bahwa Ambon layak disebut city of musik yang memiliki karakter yang berbeda baik dari sisi musikalitas maupun rasa yg berbeda.   

Secara tidak langsung Kaihulu menjadi kebanggaan dan membawa dampak positif bagi kota Ambon, Provinsi Maluku, bahkan Indonesia, sebab potensi Ambon kota musik, telah diakui secara luas, bahkan hingga level internasional.

Peluang Kaihulu band  tampil di Amerika, menjadi bagian dari upaya AMO dalam mengembangkan program Musik Ekspor yang akan berusaha mempersiapkan, mengirimkan musik dan musisi dalam berbagai ajang baik tingkat nasional maupun internasional.

"Kaihulu telah membawa misi musik sebagai alat perdamaian," Kata Ronny Loppies. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini