Jamaah Calon Haji Maluku Diberangkatkan ke Tanah Suci Mulai 16 Juni

Share:

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Rusydi Latuconsina.

satumalukuID - Jamaah calon haji asal Provinsi Maluku dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci secara bertahap mulai 16 Juni 2023 menurut pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Jamaah calon haji asal Provinsi Maluku, yang terdiri atas 1.086 orang, akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah di Arab Saudi melalui daerah Embarkasi Makassar di Provinsi Sulawesi Selatan dalam tiga kelompok terbang atau kloter.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Rusydi Latuconsina di Ambon, Selasa (16/5/2023), mengatakan bahwa jamaah asal Maluku tergabung dalam kloter 33, 34, dan 35 Embarkasi Makassar.

Menurut dia, jamaah calon haji (JCH) asal Maluku akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 16 dan 17 Juni 2023 dari daerah Embarkasi Makassar.

Jamaah calon haji, ia melanjutkan, akan diberangkatkan ke daerah Embarkasi Makassar dari asrama haji di Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, mulai 15 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa calon haji yang sampai sekarang belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji atau Bipih punya waktu sampai 19 Mei 2023 untuk menyelesaikan pembayaran.

"Diharapkan dalam beberapa hari ke depan semuanya sudah terpenuhi, karena memang sejak beberapa hari yang lalu ada hambatan, yakni gangguan sistem, sehingga jamaah terkendala melakukan pelunasan," katanya.

Ia berharap semua calon haji yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun 2023 bisa melunasi biaya haji sebelum tenggat.

Rusydi menyampaikan bahwa persiapan pemberangkatan jamaah calon haji ke Tanah Suci sudah hampir rampung, termasuk yang berkenaan dengan pengurusan visa.

"Tinggal beberapa kabupaten saja (yang belum rampung) karena (sempat) ada gangguan jaringan," katanya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan bimbingan manasik haji dilaksanakan di tingkat kabupaten dan kota.

"Kegiatan manasik yang dilakukan di kabupaten dan kota itu sebanyak dua kali, sedangkan di kantor urusan agama sebanyak delapan kali," ujarnya.

Kegiatan bimbingan manasik haji sudah dilakukan di Kota Ambon dan akan dilaksanakan di Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Buru pada Rabu (17/5/2023). (Winda Herman/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini