FMIPA Unpatti Terima Kunjungan Siswa SD Negeri 39 Ambon

Share:


satumalukuID - Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura (FMIPA Unpatti), Prof. Dr. P. Kakisina, M.Si, menerima kunjungan dari SD Negeri 39 Ambon – Sekolah Penggerak Angkatan 1 (Paldam) di Ruang Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti) pada Kamis, 25 Mei 2023. 

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka implementasi kerjasama dan program merdeka belajar terkait kewirausahaan, khususnya proses pengelolaan pisang menjadi produk.

 

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Unpatti, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Si, menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari kerjasama antara Fakultas MIPA Unpatti dengan SD Negeri 39 Ambon yang fokus pada pengelolaan tanaman pisang sebagai potensi kewirausahaan.

 

Para siswa akan melihat dan mengenal berbagai jenis produk yang telah dibuat oleh Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti) dari pisang. Dekan berharap kunjungan ini dapat mempromosikan produk-produk dari Pisang Tongka Langit dan memotivasi guru dan siswa untuk mengonsumsi Pisang Tongka Langit serta menciptakan produk baru dari bahan pangan khas Maluku lainnya. 

 

Dekan menutup sambutannya dengan menyatakan bahwa Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti) akan terus berkembang untuk menghasilkan lebih banyak produk baru dari Pisang Tongka Langit.

 

Kepala Laboratorium Terpadu FMIPA Unpatti, Prof. Dr. Dra. Adirana Hiariej, MP, juga mengungkapkan bahwa kunjungan SD Negeri 39 Ambon ke FMIPA Unpatti didasari oleh kerjasama sebelumnya dan tema kunjungan adalah "Kelola Tanaman Pisang" atau dikenal dengan KETAN. Sebelumnya, telah dilakukan Implementation Arrangement antara Fakultas MIPA Unpatti dan SD Negeri 39 Ambon sebagai sekolah mitra. 

 

Tujuannya adalah memperkenalkan produk-produk kewirausahaan yang telah dibuat oleh Unit Produksi TONGKA LANGIT (FMIPA Unpatti) melalui sosialisasi di sekolah. 

 

Produk-produk kewirausahaan dari Pisang Tongka Langit yang dipamerkan termasuk Aneka Kue dengan varian rasa, Banana Bread, Brownis, Kripik TOLANGIT, Kuping Gajah TOLANGIT, Stik TOLANGIT, Gabin Pisang Kering, Tepung TOLANGIT, Kripik Pisang Asin, Bubuk Pista, Teh Celup Pista yang terbuat dari kulit pisang tongkat langit dan kulit manggis, Jus Sari Pista dengan rasa original dan susu, Mie Pista, dan berbagai produk lainnya. 

 

Hiariej berharap kerjasama semacam ini tidak hanya dilakukan antar-fakultas, tetapi juga melintasi sekolah SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, sehingga produk yang dihasilkan dapat mendunia. (aldi)

Share:
Komentar

Berita Terkini