BPTD Maluku Prediksi Ada Puncak Arus Balik Tahap Dua 1 Mei 2023

Share:

Kepala BPTD Maluku, Handa Lesmana.

satumalukuID - Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku, Handa Lesmana mengatakan akan ada puncak arus balik tahap dua pada Senin (1/5/2023).

“Kemungkinan akan ada arus balik tahap dua. Bisa dilihat dari jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Ambon masih terus meningkat," kata Handa.

Ia menyebutkan, berdasarkan rekapitulasi data terakhir per 29 April 2023 atau tepatnya di H+7 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, sebanyak 2.368 penumpang dan kendaraan arus balik dari pelabuhan Waipirit - Hunimua dan Pelabuhan Namlea - Galala, Kota Ambon.

Dari total tersebut, 1.949 penumpang dan kendaraan di antaranya naik dari Pelabuhan Waipirit Seram Bagian Barat (SBB) ke Pelabuhan Hunimua Liang, Maluku Tengah (Malteng).

Dengan rincian, untuk penumpang 1.171 orang, 532 kendaraan roda dua, 246 kendaraan roda empat.

“Itu berdasarkan data terakhir yang kita terima per 29 April 2023,” ujar Lesmana.

Lesmana mengungkapkan, jumlah penumpang dan kendaraan yang ada terdapat empat kapal yang melayani lintasan dimaksud dengan total 13 trip dari pukul 06.00 WIT sampai dengan 21.30 WIT.

Kata Lesmana, berdasarkan pemantauan langsung di lapangan, pelayanan dan penyelenggaraan angkutan penyeberangan dari dua pelabuhan ini terpantau ramai, tertib dan lancar.

“Jumlahnya masih cukup banyak tapi terpantau aman, tertib, dan lancar,” cetusnya.

Sementara untuk Pelabuhan Namlea ke Galala, Kota Ambon terdapat 321 penumpang. Ditambah 89 kendaraan roda dua, dan 9 kendaraan roda empat.

Total penumpang dan kendaraan itu diangkut oleh satu kapal dengan satu kali trip penyeberangan.

“Dengan jumlah yang ada, arus balik 2023 ini berjalan tertib dan lancar,” ucap Lesmana. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini