20 Mahasiswa Unpatti Ambon Ikut Olimpiade Matematika dan IPA

Share:


satumalukuID - Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku, mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) tingkat wilayah tahun 2023.

Kegiatan ini diadakan dalam dua tahap, yaitu tahap wilayah yang dilaksanakan pada 23-24 Mei 2023 secara hibrid dengan menggunakan aplikasi Zoom, dan tahap nasional yang akan berlangsung secara luring di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 13-17 Juni 2023.

Rektor Unpatti, Prof MJ Saptenno, menyatakan bahwa ONMIPA ini merupakan inisiatif dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek. 

Ke-20 mahasiswa Unpatti tersebut berpartisipasi dalam empat kategori, yaitu Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika.

Berikut adalah daftar nama-nama mahasiswa Unpatti yang berpartisipasi dalam ONMIPA 2023:

  • Bidang Biologi: Naomi Sabandar, Alice Chaela Lethulur, Fitriah Husna Karepesina, Benedikta Meisy Maturbongs, dan Carol Gerarda Novena Renjaan.
  • Bidang Fisika: Evan Raymond Ferdinandus, Patrick Josua Pattiwael, Debora Fransiska Br Giawa, Selviana Mersi Palimbu, dan Wanda Fiona Tarehy.
  • Bidang Kimia: Juan Billy Latuharhary, Lisa Fatma Hatuina, Dean Yona Elfa Leuwol, Matthew Adi Honey Amos, dan Shandy Cakra Prayudha.
  • Bidang Matematika: Maeya Serang, Jose Junior Titahena, Khadija Karepesina, Fauzan Widiantoro Mussa, dan Samuel Matahelumual.
Koordinator Ajang Talenta Sains dan Vokasi BPTI, Setiawan Witatadya, menyatakan bahwa keikutsertaan 20 mahasiswa Unpatti ini akan semakin memperketat persaingan dalam kompetisi tersebut.

Jumlah peserta dari berbagai bidang di tingkat nasional juga disebutkan, yaitu 784 mahasiswa untuk bidang Kimia, 1.217 mahasiswa untuk bidang Matematika, 1.074 mahasiswa untuk bidang Biologi, dan 843 mahasiswa untuk bidang Fisika.

ITB dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan ONMIPA karena FMIPA ITB memiliki kemampuan untuk mengoordinasi kegiatan tersebut. 

Kepala BPTI, Asep Sukmayadi, menyatakan bahwa tahap wilayah ONMIPA merupakan langkah berprestasi menuju tingkat nasional. 

Ia juga menekankan pentingnya ajang ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri, baik dalam hal karir belajar maupun karir profesional di bidang matematika, kimia, fisika, dan biologi, yang merupakan cabang-cabang ilmu dasar yang penting dan menjadi bagian dari kompetensi calon pemimpin bangsa. (aldi)

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini