Sejumlah Wilayah di Kabupaten Halmahera Barat Dilanda Banjir

Share:

Banjir menggenangi permukiman di Desa Tongute, Kabupaten Halmahera Barat, akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, Minggu (2/4/2023).

satumalukuID - Desa Tongute Ternate, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, pada Minggu (2/4/2023) pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIT dilanda banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah itu.

Camat Ibu, Warjin Solemen, saat dihubungi, Minggu (2/3/2023), mengatakan banjir yang terjadi di Desa Tongute Ternate, Kecamatan Ibu, akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, yang mengguyur di wilayah itu sejak beberapa hari terakhir.

Dia menjelaskan banjir yang terjadi akibat luapan sungai di Desa Tongute Ternate yang kemudian masuk ke pemukiman warga.

Bahkan, kata dia, akibat dari luapan banjir di Desa Tongute Ternate itu menyebabkan akses penghubung antar-desa di wilayah itu putus

"Saat ini kami masih melakukan pendataan di lapangan untuk memastikan berapa jumlah rumah warga yang terdampak akibat banjir terjadi di wilayah itu," kata Camat Ibu itu.

Dia menyatakan sementara tim dari pemerintah kecamatan dan desa bersama-sama mengevakuasi warga yang terdampak banjir di Desa Tongute Ternate ke tempat yang lebih aman.

Berdasarkan data rilis dari prakiraan cuaca dari BMKG Sultan Baabullah Ternate,  hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur seluruh wilayah di sepuluh kabupaten dan kota di Maluku Utara hingga beberapa hari ke depan.

Oleh karena itu masyarakat daerah ini diimbau untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem tengah melanda wilayah Maluku Utara.

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sofyan Aswad ketika dikonfirmasi membenarkan akibat hujan deras mengakibatkan banjir di sejumlah titik, seperti di Kecamatan Ibu.

Pihaknya telah menerjunkan personel ke Desa Tongute, Kabupaten Halmahera Barat, pada Minggu, untuk mengecek kondisi korban dan infrastruktur yang terdampak banjir. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini