Polairud Polda Maluku Ajak Masyarakat Jaga Keselamatan di Jalur Laut

Share:

Personel Polairud Polda Maluku saat pengamanan di Pelabuhan Ambon.
Photo: HO-Polda Maluku/ant

satumalukuID - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku mengajak masyarakat agar memperhatikan keselamatan diri saat berada di jalur laut.

“Kami mengajak kepada para nakhoda kapal dan ABK di pelabuhan Perikanan Ambon, serta masyarakat, agar selalu memperhatikan keselamatan diri,” kata Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Handoyo Santoso, di Ambon, Rabu (12/4/2023).

Tidak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk selalu memperhatikan cuaca saat akan melaksanakan pelayaran.

"Sebelum melaksanakan pelayaran nakhoda wajib mengecek semua sarana pendukung dan alat-alat navigasi di atas kapal apakah berfungsi dengan baik atau tidak," ujar Handoyo.

Selain diimbau memperhatikan kondisi cuaca dan lautan, Personel Polairud juga mengimbau kepada para nelayan agar mengangkut penumpang tidak melebihi kapasitas.

"Para nakhoda kapal dan ABK juga diminta untuk selalu memeriksa peralatan keselamatan yang berada di atas kapal," katanya.

Personel Polairud juga mengangkat sampah yang mengapung di laut, sebagai bentuk kepedulian dan ingin memberi rasa aman kepada masyarakat yang beraktivitas di laut.

Untuk pengangkatan sampah yang mengapung di laut, Handoyo mengaku personilnya menggunakan kapal RIB 01.

"Sampah diangkat menggunakan tanggul atau serokan," ucapnya. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini