PMI Gandeng Majelis Taklim Gelar Donor Darah di Ramadhan

Share:


satumalukuID - Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku Utara (Malut) menggandeng Majelis Ta'lim Habib Abubakar Al Attas Azzabidi menggelar donor darah dalam bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, menyusul berkurangnya stok darah di RSU selama Ramadhan.

"Kami bangga, masyarakat selama bulan suci Ramadhan sangat antusias menyambut aksi kemanusiaan melalui donor darah," kata Penanggungjawab Donor darah Majelis Ta'lim Habib Abubakar Al Attas, dr.Muhammad Alhabsyi dihubungi, Sabtu (1/4/2023).

Pelaksanaan donor darah berlangsung sejak 29 Maret sampai pada 19 April 2023 dan untuk kegiatan donor darah pada malam pertama, Rabu, 29 Maret 2023, terkumpul 76 kantong dan Kamis, 30 Maret 2023 berhasil terkumpul 32 kantong, sehingga selama dua malam berhasil terkumpul 108 kantong.

Dia menyatakan, jamaah yang hadir dalam pengajian Habib Abubakar Al Attas dan masyarakat yang ada di sekitarnya dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, sebab, donor darah selain membantu orang lain, juga untuk tubuh kita sendiri, karena melalui produksi sel darah baru di tubuh manusia.

Muhammad Alhabsyi menyebutkan donor darah sangat penting, karena setiap tetes darah dapat membantu dan menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan darah.

Sebelumnya, Palang Merah Indonesia (PMI) Ternate, menyatakan biasanya stok darah pada bulan suci Ramadhan dan menjelang Lebaran Idul Fitri menipis, menyusul berkurangnya para pendonor selama bulan puasa.

Salah seorang petugas PMI Ternate, Faisal menyatakan pada bulan suci Ramadhan memang jarang yang donor darah, sehingga stok darah bagi pasien di RSUD Chasan Boesoerie menipis, terutama untuk stok golongan darah A, darah B dan darah O. Bahkan, stok darah AB biasanya menipis dan kosong.

Meskipun stok golongan darah AB kosong, namun untuk permintaan golongan darah tersebut sangat minim, bahkan jarang ada permintaan jadi tidak perlu dikhawatirkan, kendati ada permintaan kita bisa mencari pendonor suka rela atau dari pihak pasien yang memintanya.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya agar stok darah tetap terpenuhi melalui donor darah yang dilakukan warga secara sukarela.

"Untuk stok darah selama Ramadan yang diperoleh PMI di RSUD memang minim, diakibatkan permintaan yang cukup tinggi dan yang melakukan donor secara sukarela sangat sedikit," ujarnya.

Dengan adanya Majelis Ta'lim Habib Abubakar Al Attas Azzabidi menggelar donor darah dalam bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, kata dia, dapat membantu kebutuhan stok darah bagi pasien yang membutuhkan di RSU Chasan Boesoerie Ternate. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini