Perayaan Paskah Kristus di Ambon Diwarnai Beragam Kegiatan

Share:


satumalukuID - Perayaan Paskah atau Kebangkitan Yesus Kristus tahun 2023 di Kota Ambon dan sekitarnya, diwarnai berbagai kegiatan oleh warga jemaat gereja masing-masing di wilayah pelayanannya.

Pantauan media ini sejak Sabtu (8/4/2023) hingga Minggu dinihari (9/42023), beberapa jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) di kota Ambon dan sekitarnya telah beraktifitas menyambut kebangkitan Kristus.

Diantaranya Jemaat Silo, Bethania, Bethel, Sion, Rehoboth, Galala Hative Kecil, Sejahtera Poka dan lainnya sudah menyambut Paskah dengan berbagai kegiatan atau acara.

Di jemaat Bethel misalnya diadakan lomba vocal grup (VC) antar sektor pelayanan dan lainnya. Sedangkan di gereja Silo dilaksanakan malam puji-pujian. 

Jemaat Bethania juga sambut Paskah 2023 kali ini dengan cukup meriah. Diwarnai kembang api, paduan trompet, pawai obor.dan lainnya.

Hal yang sama pun dilakukan di jemaat Gatik dan Sejahtera Poka yang disertai drama klasik penyaliban Yesus Kristus dan saat prosesi kebangkitanNya.

Sementara itu, di Sektor Pelayanan 2 Jemaat Silo, juga dilaksanakan nonton bareng film kebangkitan Yesus Kristus, mencari telur berhadiah bagi anak-anak SMTPI dan karaoke rohani.

Semua jemaat GPM maupun lainnya terpantau larut dalam perayaan Paskah kali ini. Termasuk umat Katolik di pusat kota Ambon juga mengikuti misa di Gereja Katedral di jalan Pattimura.

PESAN PASKAH 2023 

Perayaan Paskah 2023 hendaknya menjadi momentum menjaga kerukunan, kerja sama, dan kerukunan antarumat beragama.

“Mewakili pemerintah, kami mengajak umat Kristiani untuk merefleksikan kasih dan karya keselamatan penebusan Yesus Kristus atas dosa kita. Jadilah pribadi yang selalu memancarkan kasih dan damai kepada semua orang,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Jeane Marie Tulung, dalam keterangan persnya, di Jakarta, pada Kamis (6/4/2023).

Tema Paskah 2023 ini adalah “Ia mendahului kamu ke Galilea; Jangan Takut”. Pengambilan tema tersebut disesuaikan dengan berbagai permasalahan yang cukup krusial dihadapi masyarakat saat ini. 

Masalah yang dimaksud antara lain, pandemi Covid-19 yang belum selesai, ketidakpastian ekonomi, serta memanasnya suasana politik menjelang Pilpres dan Pilkada 2024. 

“Oleh karenanya kita tidak perlu takut. Karena, Dia yang Bangkit senantiasa hadir dan mendahului kita menuju keberhasilan,” tukasnya.

Melalui semangat Paskah, Ia mengajak umat Kristen untuk melakukan empat hal. Pertama, menjalani hidup dengan optimis ketika menghadapi persoalan dan tantangan. Kedua, menjaga kerukunan, kerjasama, dan kedamaian internal serta antar-umat beragama. 

Ketiga, menjaga ketertiban dan keamanan menjelang Pilpres dan Pileg tahun 2024. Keempat, menjaga dan memelihara lingkungan dengan baik.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama mengucapkan selamat merayakan Paskah tahun 2023. Tuhan Yesus Raja dan Kepala Gereja senantiasa memberkati kita semua,” pungkasnya. (NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini