Pemkab Maluku Tenggara Gelar Pasar Murah melalui Dinas Ketahanan Pangan

Share:

Bupati Maluku Tenggara Thaher Hanubun meninjau pasar murah.
Photo: Siprianus Yanyaan/ant

satumalukuID - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pasar murah dengan slogan "Gerakan Pangan Murah" kepada masyarakat, berlangsung di halaman Dinas Ketahanan Pangan.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan serta seluruh pihak baik produsen dan distributor atas inisiatif dan kontribusinya dalam pelaksanaan kegiatan gerakan pangan murah komoditas kebutuhan pokok pangan saat ini," kata Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun, Senin (3/4/2023).

Ia meyakini kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini akan dapat memberikan inspirasi kepada berbagai pihak untuk turut menyelenggarakan kegiatan serupa, karena dengan sebaran gerakan pangan murah di berbagai titik semakin banyak masyarakat yang dapat menjangkaunya. 

"Diharapkan harga komoditas kebutuhan pokok yang murah dan terjangkau yang dijual saat ini, dapat dirasakan dan membantu meringankan masyarakat yang kurang mampu," katanya.

Terkait dengan hari besar keagamaan nasional yang di dalamnya adalah ibadah puasa Ramadhan, hari Paskah dan Idul Fitri, Thaher berpesan agar kebutuhan pokok di pangan murah ini diprioritaskan kepada masyarakat yang kurang mampu.

"Bagi masyarakat yang cukup mampu dan para pedagang diharapkan menahan diri untuk tidak berbelanja dalam jumlah apalagi dengan tujuan menjual kembali," kata dia.

Pada kesempatan itu juga, Thaher mengimbau seluruh OPD se- Malra untuk turut membantu Dinas Ketahanan Pangan dalam mengampanyekan Gerakan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman), sebagai upaya peningkatan gizi keluarga dalam rangka menekan stunting pada anak di Malra, sehingga generasi yang sehat dan cerdas dapat terwujud.

Komoditas yang dipasarkan yakni ayam kampung, ayam ras, ayam beku, telur ayam kampung dan ras, beras medium dan premium, gula, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih, cabai merah dan cabai hijau, sayuran serta ikan segar.

Harganya bervariatif dan lebih murah dibanding harga pasar, untuk ayam kampung dijual Rp45 ribu per ekor, ayam ras Rp43 ribu per ekor.

Daging ayam beku 1,2 per kilogram(kg) Rp41 ribu, ayam beku 1,3 kg Rp43 ribu, ayam beku 1,4 kg Rp46 ribu, telur ayam kampung Rp39 ribu per rak. Untuk gula pasir dijual Rp15 ribu per kg, minyak goreng Rp14 ribu per kit, bawang merah Rp50 ribu per kg, bawang putih Rp35 ribu per kg, dan cabai hijau Rp40 ribu per kg. (Winda Herman/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini