Pembangunan Sarana TNI-Polri di Pulau Haruku Berdampak Positif

Share:

Penjabat Bupati Maluku Tengah DR. Muhammad Marasabessy melakukan silaturahmi dengan warga Negeri Kailolo, Kecamatan Pulau Haruku. (24/4/2023)


satumalukuID - Penjabat Bupati Maluku Tengah Muhammad Marasabessy mengatakan, pemerintah memprogramkan pembangunan sejumlah infrastruktur dasar, termasuk jalan lingkar Pulau Haruku, pendirian sarana dan prasarana Sekolah Polisi Negara dan satu kompi markas TNI-AD.

"Pembangunan itu membawa dampak positif bagi warga. Selain menjaga situasi kamtibmas, dampak lainnya adalah dapat memacu pertumbuhan ekonomi warga di Pulau Haruku," kata Pj Bupati Malteng di Ambon, Senin (24/4/2023).

Untuk SPN berlokasi di Negeri Kailolo dan asrama satu kompi TNI-AD terletak antara Negeri Pelauw dan Hulaliuw.

Penjelasan PJ Bupati Maalteng tersebut disampaikan saat melakukan silaturahmi dengan warga dan tokoh masyarakat, tokoh adat, serta tokoh agama di Negeri Kailolo.

Menurut dia, sesuai pengakuan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif kalau SPN berada di Kailolo dan nantinya akan ada 3.000 orang yang datang ke sana setiap tahun.

Kunjungan ini akan membawa dampak positif bagi perputaran ekonomi warga di Kailolo maupun negeri-negeri lain di Kecamatan Pulau Haruku.

Untuk jalan lingkar Pulau Haruku sepanjang 46 Km juga akan dibangun, termasuk perbaikan ruas-ruas jalan yang sudah ada saat ini namun dalam kondisi rusak.

Infrastruktur lainnya seperti sekolah, air bersih maupun sarana dan prasarana perikanan bakal dibangun segera.

Untuk masalah Dusun Ori, Negeri Pelauw, dan Kariuw, Kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian membantu pembangunan rumah dan memberikan bantuan anakan cengkeh serta pala.

"Respons positif pemerintah baik Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, serta Kapolri ini setelah kami menyurati Kepala Staf Kantor Kepresidenan RI," ucap dia.

Bantuan anak cengkeh untuk lahan seluas 600 hektare ditambah 60.000 anakan pala dan bukan saja untuk warga Kariuw dan Pelauw serta Ory, tetapi juga Kailolo dan warga negeri lainnya di Kecamatan Pulau Haruku. (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini