Konsulat Jenderal Amerika Serikat Konsultasi Kamtibmas di Polda Maluku

Share:

Kapolda Maluku bersama konsultan jenderal amerika serikat surabaya.
Photo: HO-Polda Maluku/ant

satumalukuID - Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya melakukan konsultasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Maluku di Kepolisian Daerah (Polda) Maluku. 

Konsulat Jenderal Amerika Serikat Surabaya, Mr. Lee Romel  mengaku kehadirannya di Maluku untuk program kerjasama antara Konsulat Amerika di Surabaya dengan Universitas Patimura (Unpatti) Ambon. 

“Kerjasama yang ingin kami lakukan terkait survei keamanan di Maluku. Oleh karena itu, kami ingin mengetahui situasi kamtibmas di Maluku," kata Mr Lee, di Ambon, Jumat (28/4/2023).

Kedatangan Regional Security Officer Consulate General U.S ini disambut hangat oleh Kapolda yang didampingi Karo Ops Kombes Pol Asep Saepudin, Direktur Intelkam, Kabid Humas Polda Maluku dan Kapolresta Ambon.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolda atas kesediaan waktunya untuk bersilaturahmi dengan kami dari Konsulat Amerika di Surabaya dimana wilayah kerjanya mencakup Provinsi Maluku," ucapnya. 

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif mengungkapkan situasi kamtibmas di Maluku secara umum sangat kondusif. Hal ini ditandai dengan banyaknya turis dari mancanegara yang mengunjungi tempat-tempat wisata.

"Situasi keamanan Maluku saat ini sangat kondusif dan sangat nyaman untuk dikunjungi. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing," ungkapnya.

Kapolda memaparkan, berdasarkan data yang dimiliki Polda Maluku, selama tahun 2022 Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika yang berkunjung di Maluku sejumlah kurang lebih 35 orang. 

"Sementara pada tahun 2023 sampai dengan bulan April ini sudah ada 20 WNA asal Amerika yang berkunjung ke Maluku," terangnya. 

Di hadapan Konsulat Amerika tersebut, Kapolda mempersilahkan para wisatawan asing termasuk yang berasal dari Amerika dapat berkunjung di Maluku. 

"Kami siap memberi rasa aman dan nyaman bagi mereka. Kami sangat berharap pihak kedutaan Amerika juga dapat menyampaikan informasi kepada keluarga maupun semua orang di Amerika tentang keindahan Maluku," harapnya.

Selain itu, Irjen Latif juga berharap kedutaan Amerika dapat membantu mempromosikan tempat-tempat wisata yang indah di Maluku.

"Kami harap Maluku dapat dipromosikan di mata dunia dan kami juga selalu siap kapan saja jika ada yang perlu dikomunikasikan, kami Polda Maluku selalu siap," ucap Kapolda. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini