Dishub Maluku Siapkan 960 Kendaraan AKDP Pada Arus Mudik Lebaran 2023

Share:

Suasana arus mudik di Pelabuhan Yos Sudarso Kota Ambon, Maluku.

satumalukuID - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku menyiapkan sebanyak 960 unit kendaraan angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) pada arus mudik Lebaran 2023

"Dinas Perhubungan Provinsi Maluku mendukung sepenuhnya program yang dilakukan oleh Polri dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang melakukan mudik Lebaran 2023," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Muhammad Malawat di Ambon, Rabu (19/4/2023).

Melawat mengatakan, Dinas Perhubungan Provinsi Maluku juga telah menggelar apel pasukan pada 14 April 2023 demi kelancaran arus mudik tahun ini.

Olehnya itu selain 960 unit kendaraan AKDP Dishub Maluku juga telah bekerja sama dengan pihak terkait untuk keamanan dan kelancaran arus mudik.

“Ada 14 kapal feri perintis, 8 kapal feri komersil, 24 kapal perintis, 10 kapal Pelni, tujuh kapal tol laut dan tambahkan dua kapal dari swasta Cantika," katanya.

Sementara itu untuk transportasi udara pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai yakni Garuda, Lion Air, Wings Air, Batik Air, Sriwijaya Air dan maskapai penerbangan perintis yaitu Sam Air.

"Semuanya telah siap untuk melayani masyarakat Maluku untuk mudik,” ucapnya.

Kemudian kata Malawat, ada mudik lebaran gratis dari 18 sampai 21 April 2023 yang dilaksanakan di pelabuhan Hunimua dan Waipirit dengan terget kuota pemudik sebanyak 2460 orang.

“Untuk pemudik gratis yang sudah mendaftar sejak Sabtu kemarin sekitar 500 lebih,” ungkapnya.

Ia berharap masyarakat yang melakukan mudik lebaran dapat menjaga kesehatan masing-masing dan yang berkendaraan, baik roda dua maupun roda empat untuk dapat mempersiapkan kendaraan dengan baik agar dapat memenuhi kelayakan jalan.

"Bila sudah mengemudi selama empat jam harus istirahat sebentar setelah itu baru melanjutkan perjalanan," tandasnya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini