7.848 Kendaraan Sudah Masuk ke Kota Ambon saat Arus Balik 2023

Share:

Kepala BPTD Maluku, Handa Lesmana.

satumalukuID - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Maluku melakukan survei gencar melakukan penjumlahan lalu lintas untuk arus balik lebaran 2023 di ruas Jalan Lampu Lima atau tepatnya di bawah Jembatan Merah Putih (JMP).

Kepala BPTD Maluku, Handa Lesmana menyebutkan, berdasarkan rekapitulasi data terakhir, tercatat ada 7.848 kendaraan yang masuk ke Kota Ambon.

“Ini rekapitulasi hasil survey pencacahan Lalu Lintas (TC) yang berlokasi di ruas Jalan Lampu Lima (Bawah JMP) arah dari luar kota yang masuk ke Kota Ambon,” kata Lesmana, di Ambon, Kamis.

Ia menjelaskan, dari total tersebut, 4.731 di antaranya terdiri dari kendaraan roda dua. Sementara mobil pribadi berjumlah 1.215 kendaraan.

Selain itu, angkutan kota 1.480 kendaraan, mobil pikap 250 kendaraan, bus tiga kendaraan, dan truk 109 kendaraan.

“Kendaraan yang mendominasi masih sepeda motor,” terangnya.

Lesmana menjelaskan, berdasarkan tabel dan grafik yang ada, komposisi arus lalu lintas tertinggi pada pukul 14.30 WIT sampai dengan 15.00 WIT.

“Di jam-jam tertentu mulai dari 14.30 sore itu memang arus lalu lintas di bawah JMP sudah cukup tinggi,” ucapnya.

Ia menyebutkan, ribuan kendaraan tersebut merupakan hasil pantauan arus balik dari Pelabuhan Namlea - Galala Ambon, dan Pelabuhan Waipirit Seram Bagian Barat (SBB) - Hunimua Maluku Tengah. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini