Penjual Takjil Dadakan Mulai Ramai pada Sejumlah Titik di Kota Ambon

Share:

Para penjual takjil di depan Maluku City Mall (MCM) Ambon, Maluku.

satumalukuID - Memasuki bulan suci Ramadhan 1444 hijriah penjual takjil dadakan mulai bermunculan  dan ramai pada sejumlah titik di Kota Ambon, Maluku.

"Sudah jadi kebiasaan setiap bulan Ramadhan," ujar salah satu penjual takjil dadakan, Alifah di depan Maluku City Mall (MCM), Ambon, Kamis (23/3/2023).

Tak hanya di depan pusat perbelanjaan MCM penjual takjil dadakan juga ada di kawasan Batu merah, sekitar masjid Al-Fatah, kawasan Waiheru, dan Wayame.

Penjual takjil musiman tersebut biasanya menyediakan berbagai kudapan ringan sebagai menu berbuka puasa.

Mulai dari gorengan, kue lapis, hingga jajanan-jajanan khas Maluku seperti asidah, pisang ijo, kue lontar dan masih banyak lagi.

Pada Ramadhan seperti ini harga takjil yang ditawarkan pun terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp10 ribu sudah bisa mendapatkan menu berbuka puasa yang manis dan mengenyangkan.

"Harganya mulai dari Rp1.000 untuk gorengan, ada juga Rp5.000 dapat empat potong jajan seperti pisang dan kue lapis," ucapnya.

Selain itu penjual takjil lainnya, Ipah mengatakan dengan menjual takjil saat bulan Ramadhan keuntungan yang didapat pun bisa mencapai hingga Rp300 ribu per hari.

"Kalau jualan modal sendiri bisa dapat Rp300 ribu tapi disini juga banyak titipan orang, nanti bagi hasil, dari orangnya jual dengan harga Rp500 ke saya lalu saya jual Rp1.000 per potong," kata dia menjelaskan.

Ia mengatakan untuk menu berbuka puasa dari tahun ke tahun menu es pisang ijo dan es kacang merah selalu jadi kudapan yang paling laris manis.

Harganya pun variatif, mulai dari Rp5.000 untuk cup kecil hingga Rp10.000 untuk cup ukuran besar.

Sementara itu salah satu pembeli takjil di depan MCM, Sultan Ali mengatakan hanya membutuhkan Rp15.000 untuk bisa mendapatkan sebungkus pisang goreng, es pisang ijo, dan jajan tradisional asidah.

"Lumayan Rp15.000 sudah lebih dari cukup untuk buka puasa sendiri," kata dia. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini