Pemkab Halsel Bersama Polda Maluku Utara Tanam Ratusan Bibit Buah Labu Madu

Share:

Kepolisian Daerah (Polda) Malut bersama Pemkab Halmahera Selatan menanam sebanyak 600 bibit buah labu madu di lahan perkebunan milik Pemkab setempat.

satumalukuID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Malut menanam sebanyak 600 bibit buah labu madu di lahan perkebunan milik Pemkab setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Halmahera Selatan, Saiful Turuy ditemui di Labuha, ibu kota Kabupaten Halsel, Rabu (8/3/2023), mengatakan bahwa kegiatan tersebut, merupakan menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo kepada seluruh kepala daerah dan kapolda di Indonesia mengenai program dalam bidang pertanian ini sebagai upaya menjaga inflasi dan stabilitas harga.

Dia menjelaskan, tiga program utama yang instruksikan oleh Presiden Joko Widodo yakni, pertama mengenai ekonomi kerakyatan, kedua milenial terpenuhi dan ketiga zero pengangguran.

Dari tiga program tersebut, kata mantan Kepala Dinas Pangan Pemprov Malut itu, bertujuan untuk menjaga stabilkan harga dan pengendalian inflasi, karena saat ini dari sepuluh daerah di Malut, Kabupaten Halsel merupakan daerah dengan inflasi terendah di provinsi ini yakni 3,14 persen.

"Bupati melakukan antisipasi terhadap inflasi dan menjaga stabilitas kenaikan harga - harga secara umum lewat upaya pelaksanaan program dalam bidang pertanian,"ujarnya.

Dia mengungkapkan, selain penanaman 600 bibit buah labu madu, Pemkab Halsel bersama Polda Malut serta melibatkan 100 petani setempat juga menanam 300 bibit cabai dan tomat di kebun percontohan milik Pemkab setempat di Desa Wayamiga, Kecamatan Bacan Timur.

"Ke depan ditargetkan seluruh desa di Kabupaten Halsel untuk mengembangkan hasil pertanian dengan menggunakan anggaran 20 persen dari Dana Desa," kata Sekda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil menyatakan, kolaborasi dengan Pemkab Halsel diharapkan bisa mendorong para petani di daerah ini, untuk menambah penghasilan dari hasil pertanian yang tengah dikembangkan.

"Kita bersama Pemkab Halsel, karena mereka sudah menyiapkan lahannya, sehingga program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di daerah yang dikenal dengan penghasil Batu Bacan itu," tegas Kabid Humas Polda Malut. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini