Pemilihan Rektor Unpatti Masuki Tahapan Penetapan Aturan

Share:

 

Tampak depan Gedung Rektorat Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Maluku.

satumalukuID - Ketua Senat Universitas Pattimura Prof M.Nirahua menyebutkan Pemilihan Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku telah masuk dalam tahapan penetapan aturan.

"Ada lima tahapan yaitu penetapan aturan, penjaringan, penyaringan, pemilihan, dan penetapan hal ini bersandar pada peraturan menristekdikti 2017 dan 2018," ucapnya di Ambon, Rabu (1/3/2023).

Nirahua menyebutkan tahapan tersebut sudah dimulai pekan lalu guna pembuatan aturan peraturan tata cara pemilihan Rektor periode 2023-2027.

"Nanti paripurna berikut kita akan mengesahkan setelah aturan kita sahkan baru kita masuk pada penjaringan," ucapnya.

Menurut Nirahua sejauh ini progres pemilihan rektor masih penetapan aturan mengingat pada bulan November tahun ini batas kepemimpinan rektor saat ini serta ketentuan yang berlaku 5 bulan sebelum paling lambat penetapan aturan, baru setelah itu masuk dalam tahapan penjaringan dan didalam tahapan penjaringan itu ada pembentukan panitia pemilihan rektor.

"Jadi penjaringan kemudian penyaringan itu pilih disenat sedangkan pemilihan itu pilih bersama menteri dimana menteri mempunyai 35 persen suara" ucap Nirahua.

Nirahua menyampaikan bursa pemilihan rektor Unpatti dibuka kepada siapa saja yang memenuhi persyaratan dan akan dilihat dalam pos penjaringan

"Mari sama-sama berproses dengan baik dikampus orang basudara," tandasnya.

Saat ini jabatan rektor Unpatti sendiri diduduki oleh Prof M. J Saptenno. Ia menjabat sebagai rektor kampus biru itu sejak 2015. (​​​​​Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini