Minim Investor, Angka Pengangguran di Kota Ambon 11,62 Persen

Share:


satumalukuID – Tingkat pengangguran di Kota Ambon berdasarkan data Tahun 2022 mencapai 11,67 persen dari jumlah penduduk.

Tingginya angka pengangguran tersebut, disebabkan karena ketidakseimbangan ketersediaan lapangan pekerjaan dengan kebutuhan tenaga kerja baik kuantitas maupun kualitas yang dibutuhkan pasar kerja.

“Di daerah lain, investasi terus masuk dan membutuhkan tenaga kerja sehingga angka pengangguran menurun,” ungkap Pj Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Sabtu (25/3/2023).

Menurut Wattimena, salah satu faktor yang mendorong tingginya angka pengangguran di Ambon adalah minimnya sumber daya alam yang bisa menarik investor untuk berinventasi. 

Kota Ambon saat ini hanya mengandalkan jasa perdagangan, belum lagi ruang kota yang sempit, membatasi masuknya investasi.

Selain itu, kesenjangan informasi antara penyedia dan pencari kerja dimana seringkali penyedia kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai kualifikasi dan standar yang dibutuhkan.

“Pemkot Ambon, tidak dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup, apalagi angka pencari kerja terus bertambah lewat lulusan perguruan tinggi dan SMA,” timpalnya. (aldi josua)

Share:
Komentar

Berita Terkini