Harga Daging Sapi dan Ayam Potong di Ternate Bertahan

Share:

Pedagang daging sapi di Pasar Sentra Gamalama Kota Ternate, Minggu (26/3/2023).

satumalukuID - Sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Sentral Gamalama Ternate, Maluku Utara, (Malut) pada hari keempat bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah relatif bertahan, terutama untuk daging sapi dan ayam potong.

"Hingga hari ini, harga daging sapi masih bertahan Rp140 ribu per kg, begitu pula untuk ayam potong masih Rp37 ribu per potong," kata salah seorang pedagang di Pasar Gamalama Ternate, Muhammad Ikra, Minggu (26/3/2023).

Harga daging ayam dan daging sapi ini tetap bertahan sejak awal bulan suci Ramadhan dan hingga saat ini belum mengalami penurunan.

Seperti diketahui, harga daging sapi semula dijual Rp130 ribu per kg dan daging ayam potong Rp35 ribu per potong, tetapi mengalami kenaikan menjelang bulan suci Ramadhan hingga hari keempat Ramadhan.

Dia menyatakan, kendati demikian, para pembeli tidak seramai saat menjelang bulan suci Ramadhan, tetapi harga masih tetap bertahan, terutama untuk daging sapi dan ayam potong.

Sementara itu, Kadis Perindag Kota Ternate, Muchlis Djumadil ketika dihubungi menyatakan, kebutuhan daging ayam potong dan sapi hingga kini tersedia di Pasar Sentra Gamalama.
Dia menyebut, menjelang bulan suci Ramadhan memang sejumlah kebutuhan pokok sempat mengalami kenaikan, akan tetapi, sejumlah kebutuhan pangan lainnya mulai normal

Sebelumnya, tercatat untuk harga beras medium misalnya, biasanya dijual Rp12 ribu per kg, naik menjadi Rp16 ribu per kg dan kini mulai turun di harga Rp15 ribu per kg hingga Rp14 ribu per kg.

Kenaikan harga ini karena saat membeli di distributor harganya telah dinaikkan, sehingga pedagang harus menyesuaikan dengan harga tersebut, jika tidak maka pedagang tidak mendapatkan keuntungan.

Berdasarkan pantauan, untuk harga sejumlah pangan di Kota Ternate, dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan dan melonjaknya harga itu terutama untuk jenis bawang, cabai, tomat hingga bawang merah hingga Ramadhan tahun 2023.

Kenaikan berbagai kebutuhan pokok terutama untuk komoditi bawang putih dari Rp30 ribu per kg naik menjadi Rp50 ribu per kg, begitu pula, untuk kebutuhan bawang merah mengalami kenaikan dari harga Rp50 ribu per kg menjadi Rp65 ribu per kg dan kenaikan itu akibat tingginya permintaan.

Bahkan, kenaikan terjadi akibat harga pasokan bawang dari Sulawesi Utara alami peningkatan dan harga bawang justru terus melonjak hingga memasuki puasa Ramadhan.

Sementara itu, untuk menjaga stabilisasi harga dan pasokan pangan menjelang Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan (Distan) Kota Ternate telah menggelar Pangan Murah merupakan bagian dari program pemerintah dalam rangka stabilisasi harga dan pasokan pangan terutama jelang bulan Ramadan 1444 Hijriah di Kota Ternate. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini