DKP Ambon Edukasi Gemar Makan Ikan Atasi Stunting

Share:

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon melalukan edukasi Gemar makan ikan (gemari) bagi anak PAUD di desa Galala kecamatan Sirimau Kota Ambon.
Photo: Ho-DKP Ambon/ant

satumalukuID - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon melalukan edukasi Gemar makan ikan (gemari) sejak usia dini guna mengatasi stunting dari protein yang terkandung pada ikan tersebut.

"Sasaran kita adalah anak PAUD dan TK agar sejak usia dini anak-anak dilatih untuk makan ikan sebagai sumber protein, serta upaya mengatasi stunting," Kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon Febby Maail di Ambon, Selasa (21/3/2023).

Ia mengatakan, program gemar makan ikan dilakukan dengan tujuan edukasi makan ikan sejak dini, mengatasi stunting karena ikan memiliki protein tinggi yang dapat dikonsumsi semua usia.

Ikan katanya, mengandung asam lemak omega tinggi untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf , serta memiliki komposisi asam amino lengkap.

Pihaknya juga bekerjasama dengan TP PKK Kota Ambon untuk mengupayakan peran keluarga untuk meningkatkan minat anak makan ikan.

"Sasaran kita anak paud karena pola makan muncul sejak kecil, jika orang tua tidak membiasakan makan ikan, bagaimana anak tahu rasa ikan, sebaliknya jika orang tua memberi anak makan mie instan maka yang akan dikonsumsi bukan makanan bergizi," katanya.

Pada kegiatan gemari pihaknya mengajak anak- anak untuk makan olahan ikan berupa bakso dan nugget ikan.

"Bakso dan nugget merupakan makanan yang disukai anak, karena itu melalui makanan olahan ikan anak akan semakin gemar makan ikan,

Berbagai upaya yang dilakukan katanya, merupakan upaya dinas peduli perkembangan anak guna menunjang program Ambon menuju kota layak anak.

"Dinas peduli dengan mengajak orang tua membiasakan gizi yang baik bagi keluarga dengan makanan olahan ikan dan susu," ujarnya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini