BPJAMSOSTEK-Unpatti Ambon Kerja Sama Perlindungan Mahasiswa Magang

Share:

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Maluku Dwi Ari Wibowo bersama Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti Ambon Conchita V Latupapua melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) melindungi mahasiswa magang yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

satumalukuID - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Maluku dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) untuk memberikan perlindungan mahasiswa magang yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Penandatanganan PKS dilakukan Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Maluku Dwi Ari Wibowo bersama Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Conchita V Latupapua, di Ambon, Jumat (17/3/2023).

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Maluku Dwi Ari Wibowo mengatakan, kerja sama dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada mahasiswa magang di instansi atau di desa yang melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Ada dua program BPJAMSOSTEK untuk melindungi para mahasiswa magang dari fakultas tersebut yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Jaminan Kecelakaan Kerja akan mencakup mahasiswa saat pergi sampai pulang dan beraktivitas di lokasi atau tempat mereka magang, serta Jaminan Kematian pada saat ada risiko peserta aktif," katanya.

Selain memberikan perlindungan, BPJAMSOSTEK Maluku juga akan memberikan kuliah umum terkait manajemen risiko maupun kepatuhan keuangan kepada mahasiswa dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti Ambon Conchita V Latupapua mengatakan, program BPJAMSOSTEK mempunyai manfaat besar, terkait perlindungan tenaga kerja.

"Setiap pekerja atau peserta magang akan merasa nyaman ketika bekerja, apapun risiko yang mereka hadapi, mereka sudah punya jaminan jika terjadi sesuatu di kemudian hari, sehingga program ini sangat penting,"ujarnya.

Ia mengapresiasi BPJAMSOSTEK Maluku karena mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa magang di kantor BPJAMSOSTEK.

Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti Ambon Teddy Cristianto Leasiwal mengatakan, melalui kerja sama ini mahasiswa dapat mengenal program perlindungan sosial terhadap tenaga kerja.

"Ke depan diharapkan semua mahasiswa di fakultas ini bisa terlindungi," katanya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini