BPJAMSOSTEK Maluku Menyasar Nelayan dalam Sosialisasi Jaminan Sosial

Share:

Sosialiasi jaminan sosial oleh BPJAMSOSTEK Cabang Maluku kepada nelayan di Desa Mamala, Kabupaten Maluku Tengah.
Photo: HO-BPJAMSOSTEK Maluku/ant

satumalukuID - BPJAMSOSTEK Cabang Maluku menyasar nelayan di Desa Mamala, Kabupaten Maluku Tengah dalam sosialisasi tentang manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Rangkaian kunjungan kerja Anggota Komisi IV DPR RI bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maluku Tengah, kami melakukan sosialisasi manfaat program BPJAMSOSTEK kepada warga Desa Mamala yang sebagian besar mata pencaharian sebagai nelayan," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Maluku Dwi Ari Wibowo di Ambon, Selasa (21/3/2023).

Ia menyatakan perlindungan BPJAMSOSTEK bermanfaat bagi semua pekerja, termasuk nelayan, karena memiliki risiko dalam bekerja seperti mengalami kecelakaan kerja.

"Ketika sementara melaut dapat berakibat meninggal dunia, pengobatan di rumah sakit karena mengalami gangguan kerja saat melaut," katanya.

Perlindungan BPJAMSOSTEK, katanya, tidak hanya bermanfaat langsung kepada pekerja tetapi juga keluarganya.

Terlebih, kataanya, ketika pekerja meninggal dunia, ahli waris akan mendapatkan santunan senilai Rp42 juta.

Saat ini, BPJAMSOSTEK mempunyai lima program perlindungan, yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Kecelakaan Kerja,Pensiun, dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

"Untuk profesi seperti nelayan sendiri jumlah minimal program yang dapat diikuti adalah sebanyak dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dengan minimal iuran per bulan sebesar Rp16.800," kata Dwi.

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Maluku Abdullah Tuasikal menghimbau seluruh nelayan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJAMSOSTEK

"Kita tidak tahu risiko apa yang akan terjadi saat kita bekerja, karena itu mari bersama kita mengikuti program ini karena manfaatnya sangat baik," ujarnya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini