Pemkot Ambon Harap Kemenpora Segera Bangun Fasilitas Olahraga Indoor

Share:

Salah satu gedung olahraga di Kota Ambon, Sport Hall Karang Panjang.
Photo: Dedy Aziz/ant

satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon berharap Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera merealisasikan pembangunan fasilitas olahraga di kota itu sebagai upaya meningkatkan prestasi atlet.

"Kita di Ambon lapangan olahraga indoor yang paling memadai baru ada dua yaitu di Sport Hall Karang Panjang dan Gedung olahraga (GOR) Universitas Pattimura," ujarnya Kepala dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon, Richard Luhukay, di Ambon, Kamis (2/2/2023).
 
Bahkan tak jarang dua fasilitas olahraga indoor tersebut menjadi 'rebutan' masing-masing cabang olahraga prestasi untuk menggelar kejuaraannya masing-masing.
 
Alhasil kebanyakan dari event cabang olahraga prestasi yang diselenggarakan indoor harus menyewa aula instansi tertentu untuk dijadikan lokasi perlombaan.
 
Bahkan dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV 2022, banyak cabang olahraga yang menyewa gedung olahraga seperti aula Lantamal IX Ambon hingga aula Universitas Pattimura.
 
Richard mengatakan hal itu menjadi salah satu kendala untuk menjadi tuan rumah atau penyelenggara dalam gelaran olahraga tahunan yang berskala nasional.
 
Padahal pada 2022 Pemerintah Kota Ambon telah menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk mengusulkan pembangunan sejumlah fasilitas olahraga di Kota Ambon.
 
Menpora Amali pun menyambut baik keinginan Pemerintah Kota Ambon tersebut dan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk realisasinya.
 
Disebutkan Richard saat ini pihaknya sedang berupaya menjadi tuan rumah kompetisi bola basket Intercity Evergreen Cup yang merupakan turnamen bola basket veteran dengan mengusung motto Untuk Kesehatan, Bersosialisasi, Berbagi pengalaman bermain basket dan Persahabatan.
 
Namun meskipun belum memiliki lapangan indoor yang memadai Richard menyampaikan bukan tidak mungkin kompetisi basket tersebut bisa diadakan di Kota Ambon pada 2024 mendatang.
 
Bahkan pihaknya mengatakan tak malu untuk menyiasati aula gedung tertentu agar dapat dijadikan lapangan basket untuk mewujudkan Kota Ambon sebagai penyelenggara Intercity Evergreen cup 2024.
 
"Jadi persiapan kita untuk 2024 ada yang namanya basketball Intercity evergreen cup, kami sudah usul ke Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) kalau bisa kita ambil gelaran 2024," tandasnya. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini