Lazismu dan Baznas Gelar Pelatihan Dai Mandiri di Sepa Maluku

Share:

Pelatihan Dai oleh LAZISMU dan BAZNAS di Sepa, Maluku.

satumalukuID - Dalam rangka mengukur dan memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya, Lembaga Amal Zakat Infaq dan sadaqah (Lazismu) bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menggelar kerja sama Pelatihan Dai mandiri di Sepa, Maluku.

"Itu sesuai dengan pedoman dan perencanaan program, Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Program ini merupakan bentuk kerja sama dengan BAZNAS guna melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Program Kolaborasi Kebajikan Zakat," ujar Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Mahli Zainuddin dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Minggu (19/2/2023).

Program Kolaborasi Kebajikan Zakat Baznas RI bersama Lazismu dibagi menjadi dua sesi.

Pertama adalah pembuatan sayuran hidroponik yang dipandu oleh penggiat hidroponik di Kota Ambon, Abdul Kadir Rumagia.

Kedua adalah materi tentang wirausaha dalam Islam yang diberikan oleh Abdul Karim. Kegiatan ini bertempat di Klinik Pratama Surya Medika Sepa.

Dalam keterangannya Mahli menyebutkan, ada dua peserta pelatihan Dai Mandiri.

"Dua peserta sekaligus aktivis Muhammadiyah di sini, yang pertama adalah Ketua PCM Sepa Irham Berikutnya aktivis Muhammadiyah di Negeri Sepa Lukman," ujarnya.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Negeri Sepa Irham mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang digelar oleh Lazismu bersama Baznas RI.

Irham menyebutkan kegiatan tersebut sangat membantu dalam memperbanyak tenaga dai di daerahnya. Ia juga berharap program ini dapat terus berlanjut di Negeri Sepa.

"Alhamdulillah dalam pelatihan dai ini sangat membantu, khususnya masyarakat di Negeri Sepa dan sekitarnya," kata dia.

Dengan demikian kapasitas dai akan semakin mandiri dan semakin bermanfaat bagi masyarakat di Negeri Sepa, Kecamatan Amahai, dan Maluku Tengah pada umumnya.

Dia melanjutkan dengan digelarkan program tersebut wilayah itu tidak akan kekurangan tenaga-tenaga dai yang bisa mengembangkan Islam untuk masyarakat setempat.

"Semoga bantuan dari Lazismu dan Baznas itu ada kelanjutan yang ternyata sangat menyentuh masyarakat di sekitar sini dan sangat bermanfaat sekali," harap Irham.

Sementara itu aktivis Muhammadiyah yang juga mengikuti kegiatan tersebut yaitu, Lukman mengucapkan rasa syukur atas kegiatan ini yang telah membantu mengatasi masalah kekurangan dai di daerah tersebut.

"Kami sangat bersyukur atas kegiatan yang sudah diamanatkan kepada kita," ucapnya.
(Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini