Kapolda Maluku Tinjau Persiapan Pos Pengamanan Terpadu di Pasar Ambon

Share:

Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif bersama Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M. Wattimena saat meninjau aktivitas masyarakat di Pasar Mardika Ambon, Jumat (17/2/2023)

satumalukuID - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku, Irjen Pol. Lotharia Latif meninjau lokasi persiapan pembangunan pos pengamanan terpadu di Pasar Mardika Ambon, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah itu

“Dalam waktu dekat kita akan mendirikan pos pengamanan terpadu dengan melibatkan TNI Polri. Di situ ada Babinsa, Babinkamtibmas, untuk memberikan keamanan kepada masyarakat," kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, ketika meninjau situasi Kantibmas serta aktivitas perekonomian di Ambon, Jumat (17/2/2023).

Ia mengatakan, Pasar Mardika Ambon merupakan salah satu pusat perekonomian di ibukota provinsi Maluku, sehinga jika situasi keamanan dan ketertiban tidak ditata secara baik, maka dampaknya juga bisa dirasakan di daerah itu.

"Kemarin saya mendengar keluhan masyarakat terkait masalah Kamtibmas, sehingga kita mengambil langkah-langkah, khususnya dalam penindakan terkait masalah kriminalitas seperti kejahatan copet, jambret dan sebagainya," ujarnya.

Kapolda mengatakan selama sepekan terakhir, ini pihaknya juga telah melakukan penindakan terhadap para pelaku pencurian di Pasar Mardika, yang kini telah diamankan untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Satu minggu ini sudah ada beberapa orang yang kami tangkap termasuk penadah hasil curian sampai pada orang-orang yang mungkin ada kaitannya. Tidak boleh ada lagi kejahatan premanisme di tempat masyarakat kecil  yang mencari sumber kehidupan, jangan ada lagi kejahatan seperti copet, dan jambret," pinta Kapolda.

Lotharia menyebut saat ini progres pembangunan atau penataan Pasar Mardika Ambon cukup bagus, sehingga pihaknya fokus membantu pemerintah, baik Pemerintah Provinsi Maluku maupun Pemerintah Kota Ambon, untuk menjaga Kantibmas, khususnya di kawasan pusat perbelanjaan itu.

Pasar Mardika Ambon, kata Kapolda, memiliki sejarah penting karena menjadi tempat berkumpulnya semua komunitas masyarakat, dan aktivitas kehidupan serta perekonomian.

"Sehingga kami dari kepolisian konsen untuk membantu Pemkot (Ambon) dan Pemprov (Maluku) untuk terciptanya suasana yang aman dan nyaman di tempat ini," terang Kapolda.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kapolda Maluku bersama jajarannya karena telah meninjau dan melihat kondisi Kantibmas serta penataan Pasar Mardika, yang menjadi tanggung jawab secara bersama.

"Pemerintah Kota Ambon tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan sendiri, tapi kita butuh dukungan dan kerja kolaborasi yang sinergi dengan seluruh elemen, termasuk Polri dan TNI untuk menjaga Kantibmas. Sebab kalau pasar ini tidak aman dan tidak tertib , akan mengganggu seluruh aktivitas pedagang dan masyarakat yang ada di sini," ungkapnya.

Wattimena mengaku apa yang disampaikan Kapolda Maluku terkait pemberantasan aksi kriminalitas, baik copet, jambret dan kejahatan lainnya, telah menjadi kerinduan bagi pihaknya.

"Jadi apa yang disampaikan bapak Kapolda untuk memberantas copet, dan jambret, di sini itu memang menjadi kerinduan kami. Karena kami juga terbatas untuk itu. Sehingga pemerintah kota akan memfasilitasi segala hal untuk mendukung tugas kepolisian dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat," ucap Wattimena. (Winda Herman/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini