Diskominfo Halmahera Barat Targetkan Kawasan 3T Tersedia Jaringan 4G

Share:

Tower jaringan Telkomsel dibangun di Halmahera Barat.

satumalukuID - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut) menargetkan sejumlah kawasan Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) akan menikmati ketersediaan jaringan 4G.

"Warga di pesisir Kecamatan Ibu dan Loloda akan menikmati layanan jaringan komunikasi 4G, karena telah dibangun tower BTS di kawasan Gamlamo dan Kedi, sehingga masyarakat setempat dapat mengakses jaringan telekomunikasi," kata Kadis Kominfo Kabupaten Halmahera Barat Sahmi Salim saat dihubungi, Minggu (19/2/2023).

Dia menyebut, peningkatan kapasitas jaringan telekomunikasi menjadi prioritas pemkab setempat, sehingga telah melakukan koordinasi secara intensif dengan PT Telkomsel, dan tahun 2023 ini akan dibangun tower BTS dan menunggu proses pembangunan dua tower tersebut.

Sebelumnya, Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) membangun 61 base transceiver station (BTS) di Kabupaten Halmahera Barat dalam mendukung ketersediaan infrastruktur telekomunikasi.

Selain itu, telah perkuat konektivitas ini untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital dengan menyediakan 61 tower (menara) BTS 4G untuk mendukung pengembangan komunikasi di Pulau Halmahera.

Dia menyatakan, dari 61 menara yang dibangun di Kabupaten Halmahera Barat, saat ini telah difungsikan sebanyak 38 dan sisanya tengah dilakukan pengerjaan.

Selain itu, kata Sahmi, pembangunan BTS di Halmahera Barat ini merupakan implementasi dari program pemkab daerah ini agar seluruh warga dapat mengakses jaringan telekomunikasi secara mudah dan nyaman.

Pemkab Halmahera Barat telah berkomitmen untuk mendukung pengembangan infrastruktur telekomunikasi, sehingga warga berada di daerah pedalaman bisa mendapatkan jaringan Telkomsel.

Sementara itu, Telkomsel memastikan ketersediaan konektivitas jaringan mobile broadband 4G/LTE dalam mendukung digitalisasi di sejumlah daerah wilayah Malut.

Manager Network Service Telkomsel Manado Robertho LR ketika dihubungi menyatakan, Telkomsel perkuat konektivitas ini untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital di wilayah Malut seperti Kabupaten Halmahera Barat, Kota Ternate, dan Kota Tikep. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini