BPVP Ambon Sediakan 15 Paket Pelatihan untuk Pencari Kerja

Share:

Peserta sedang mengikuti pelatihan vokasi yang digelar oleh BPVP Ambon.
Photo: HO-BPVPAmbon/ant

satumalukuID - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Ambon, Maluku, menyediakan 15 paket pelatihan untuk para pencari kerja di Kota Ambon.

"Pelatihan yang disediakan BPVP Ambon mulai dari kejuruan listrik, refrigeration, elektronika, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta bangunan," kata instruktur pelatihan BPVP Kota Ambon, Helmi di Ambon, Jumat (3/2/2023).

Kemudian pengelasan, manufaktur, otomotif, garmen apparel, pertanian, processing, pariwisata, industri kreatif, kecantikan, bisnis dan manajemen.

Helmi melanjutkan pelatihan yang diberikan BPVP Ambon saat ini bersifat pelatihan wirausaha untuk membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran.

Pasalnya berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Angka pengangguran mengalami peningkatan 11 persen atau sekitar 25.760 orang.

"Pelatihan yang kita berikan sekarang lebih banyak mengarah ke bidang-bidang usaha berdasarkan paket yang diambil oleh para peserta," kata dia.

Sebagai contoh Helmi menjelaskan pada akhir 2022 pihaknya memberikan pelatihan pembuatan kemasan makanan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kuliner ikan bakar di kawasan Hukurilla, Ambon.

Ia menegaskan pendaftaran peserta pelatihan di BPVP Kota Ambon terbuka untuk siapa saja yang memiliki NIK dan ijazah serta tak dipungut biaya apapun.

"Di sini siapa saja bisa mendaftar, asal punya NIK yang tidak bermasalah dan ijazah terakhir," katanya.

BPVP Kota Ambon mencatat jumlah pendaftar pelatihan meningkat hingga 1.000 orang dalam dua tahun ke belakang.

Menurut data BPVP Ambon, pada 2021 jumlah pendaftar pelatihan di BPVP Ambon yaitu sebanyak 2.259 orang yang terbagi atas sembilan tahap pendaftaran.

Sementara itu pada 2022 jumlah pendaftar pada BPVP Ambon tercatat sebanyak 3.219 peserta dari delapan tahap pendaftaran.

Sedangkan untuk 2023 proses pendaftaran tahap satu sedang berjalan dan direncanakan pelatihan akan dibuka pekan depan. (Ode Dedy Lion Abdul Azis/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini