Kodam Pattimura Bantu Warga di Tanimbar Bersihkan Puing Rumah Korban Gempa

Share:


satumalukuID - Kodam XVI/Pattimura membantu warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Provinsi Maluku, membereskan puing-puing rumah yang ambruk akibat gempa magnitudo (M) 7,9 pada Selasa (10/1/2023) dini hari lalu.

“Kami tadi melakukan aksi nyata oleh para Babinsa Kodim 1507/Saumlaki dengan membantu memperbaiki rumah yang runtuh di masing-masing desa binaan seperti di wilayah Larat. Babinsa membantu menyusun batako dibantu oleh staf desa, pemerintah daerah dan masyarakat,” kata Babinsa Koramil 1507-01 Desa Larat Serda A. Titirloloby, Ambon, Selasa (17/1/2023).

Ia mengatakan Kodam akan terus berkomitmen membantu pemerintah daerah dalam upaya pemulihan setelah gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara Barat.

“Hari ini kita juga telah melaksanakan rapat koordinasi bertempat di Posko Terpadu Bencana, Makodim 1507/Saumlaki,” kata Titirloloby.

Dia berharap bantuan dari Kodam XVI/Pattimura ini dapat bermanfaat meringankan beban masyarakat terdampak gempa.

"Hingga saat ini kami masih bahu membahu, bergotong royong bersama masyarakat dan pihak terkait membersihkan puing-puing bangunan yang runtuh lalu menyusun batako. Semoga apa yang kami lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat dan dapat beraktivitas seperti biasa," ujarnya.

Selain membantu warga membersihkan puing-puing rumah, Kodam juga menggelar rapat koordinasi yang dihadiri sejumlah pejabat seperti Kasdim 1507/Saumlaki, Wakapolres KKT, Danramil 1507-02/Saumlaki, dan perwakilan Kepolisian membahas beberapa hal terkait penanganan bencana gempa bumi.

Seperti, pendataan dan perangkuman kembali data-data, melakukan koordinasi dan komunikasi kepada para camat untuk menyamakan data terhadap bangunan yang terdampak gempa.

“Seluruh administrasi di posko akan segera disiapkan dengan teliti, juga seluruh personil dapat melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi sehingga penanggulangan bencana berjalan dengan efisien,” katanya.

Sementara itu, Berti Fasak salah seorang warga yang rumahnya dibantu dibersihkan, mengucapkan terima kasih kepada Kodam XVI/ Pattimura khususnya Babinsa Kodim 1507/ Saumlaki yang telah membantu dalam perbaikan rumah dan penanganan setelah gempa bumi.

“Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa juga pihak pemerintah daerah yang bergerak cepat dalam pemulihan bencana," ucap Berti.

Berdasarkan data yang diterima dari BPBD Provinsi Maluku, terdapat satu orang korban luka akibat gempa di KKT. Sementara jumlah kerusakan rumah warga tercatat sebanyak 429 unit dengan rincian 322 rusak ringan, rusak sedang 72, rusak berat 35 rusak berat. Jumlah ini tersebar di sembilan kecamatan di KKT.

Sedangkan untuk fasilitas kesehatan yang terdampak gempa, tercatat sebanyak tujuh unit mengalami rusak ringan. Di antaranya dua di Kecamatan Tanimbar Selatan yakni Puskesmas dan RSUD, dua Puskesmas di Kecamatan Nirunmas, dan masing-masing satu unit Puskesmas di Kecamatan Kormomorlin dan Molomaru.

Selain itu, juga terdapat fasilitas ibadah seperti delapan unit gedung Gereja yang mengalami rusak ringan di KKT. (winda herman/ant)


Share:
Komentar

Berita Terkini