Kapolres Ajak Masyarakat Wujudkan Maluku sebagai Negeri yang Harmonis

Share:

Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease, Kombes Pol Raja Arthur Simamora mengajak segenap lapisan masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi kamtibmas. (29/1/2023)
Photo: HO/Polresta/ant

satumalukuID - Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease, Kombes Pol Raja Arthur Simamora mengajak masyarakat untuk mewujudkan  Maluku dan Kota Ambon khususnya sebagai negeri yang nyaman dan harmonis.

"Mari kita ubah image kalau Maluku bukan sebagai negeri konflik lagi tapi menjadi negeri yang nyaman dan harmonis dengan menjaga situasi kamtibmas secara bersama," Kapolresta Kombes Pol Raja Arthur Simamora di Ambon, Minggu (29/1/2023).

Menurut dia perkelahian antarkampung  yang terjadi  selama ini lebih dipicu masalah miras, persoalan pribadi, maupun faktor penyebab lainnya seperti pengaruh media sosial  padahal belum bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kapolresta menegaskan, konsep pengamanan suatu daerah bukan cuma tanggung jawab TNI-Polri tapi juga kewajiban semua lapisan masyarakat untuk bersama sama menjaga Keamanan.

"Bagaimana kita membangun sistem keamanan di lingkungan negeri seperti pos kamling maupun peran tokoh pemuda dalam mendidik warganya, kemudian bagaimana kita mengedepankan unsur TNI-Polri sehingga di TNI ada unsur Bhabinsa dan di Polri ada Bhabinkamtibmas," ujarnya.

Sehingga Babinsa dan Babinkamtibmas dapat memberi edukasi ke masyarakat agar berhati hati dalam penggunaan sosial media, karena era modern sekarang ini kekuatan media sosial cukup kuat untuk menggerakkan masyarakat.

Kapolresta juga berpesan  paradigma Polisi Masyarakat (Polmas) harus lebih diutamakan, dalam hal ini peran Bhabinkamtibmas harus lebih dikedepankan dan terus ditingkatkan.

Setiap anggota Polri harus bisa melekat yang namanya 'Diskresi Kepolisian' dalam pengambilan keputusan, sehingga pengambilan keputusan di lapangan tidak perlu menunggu perintah. (Daniel Leonard/ant)

Share:
Komentar

Berita Terkini