DLHP Ambon Menambah Tiga Armada Sampah pada 2023

Share:

Petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon mengangkat tumpukan sampah di kawasan pasar Mardika Ambon.

satumalukuID - Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, Maluku menambah tiga armada pengangkut sampah pada 2023 untuk meningkatkan pelayanan bidang kebersihan.

"Kita akan menambah dua armada sampah di tahun 2023 melalui APBD Kota Ambon dan satu unit merupakan bantuan dari MVO Nederlands," kata Kepala DLHP Ambon Edo Hehamahua di Ambon, Jumat (20/1/2023).

Ia mengatakan saat ini jumlah armada sampah di daerah tersebut hingga masih terbatas atau tidak sebanding dengan volume sampah yang harus ditangani.

Volume sampah tertimbun 250 -270 ton per hari, sedangkan sampah yang masuk tempat pembuangan akhir (TPA) 150- 160 ton dalam sehari.

"Volume sampah cukup tinggi belum sebanding dengan armada pengangkut sampah dari TPS ke TPA, diharapkan dengan penambahan armada di tahun 2023, bisa mengurangi tumpukan sampah untuk diangkut ke TPA," katanya.

Selain itu, lanjutnya, tingkat kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat dan waktu yang telah ditetapkan masih rendah.

"Tempat dan waktu membuang sampah telah ditetapkan, tetapi masyarakat belum menyadari bahkan dengan seenaknya masih membuang sampah di lokasi seperti sungai, got, bahkan di jalan, " katanya.

Armada sampah yang dimiliki Pemkot Ambon saat ini, yakni truk sampah yang beroperasi 21 unit, amrol tujuh unit, pikap tiga unit, dan 34 armada roda tiga.

"Armada sampah ini melayani lima kecamatan di Kota Ambon, ditunjang petugas sampah sebanyak 862 tenaga, termasuk penyapu jalan dan petugas taman," katanya. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini