Dinkes Ambon Buka Layanan Vaksinasi COVID-19 Booster Kedua untuk Umum

Share:

layanan vaksinasi COVID-19  di Puskesmas Christina Martha Tiahahu Ambon.
Photo: Ho- Puskesmas Christina Martha Tiahahu/ant

satumalukuID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon membuka layanan vaksinasi COVID-19 booster kedua atau dosis keempat bagi masyarakat umum yang dipusatkan di Puskesmas Martha Christina Tiahahu Kota Ambon mulai 24 Januari 2023.

"Sesuai instruksi Kementerian kesehatan mulai 24 Januari 2023, kami siapkan layanan vaksinasi booster kedua, stok vaksin sudah ada masyarakat umum yang ingin melakukan booster kedua itu bisa mendatangi Puskesmas Martha Christina Tiahahu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy di Ambon, Maluku, Selasa (24/1/2023).

Ia menyatakan syarat utama penerima vaksin booster tahap dua, yakni berusia 18 tahun ke atas, serta mendapatkan vaksin booster dosis sebelumnya dengan jarak lebih dari enam bulan.

Masyarakat yang akan divaksin booster kedua, walaupun belum memilik tiket pada aplikasi PeduliLindungi, tetap dilayani dengan syarat jarak lebih dari enam bulan.

"Setelah divaksin masyarakat akan mendapatkan kartu vaksin, tetapi belum masuk ke data aplikasi peduli lindungi, petugas akan mencatat dalam register manual, sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat akan tercatat," katanya.

Wendy mengakui layanan vaksinasi booster kedua belum dilaksanakan di seluruh puskesmas, guna mengantisipasi masyarakat yang melakukan vaksinasi .

"Satu vial vaksin booster kedua untuk enam orang, kami mengantisipasi jangan sampai mubazir vaksin tidak digunakan sehingga menjadi temuan, sehingga dipusatkan di Puskesmas Christina Martha Tiahahu atau Velentein," ujarnya.

Pihaknya berharap masyarakat memanfaatkan layanan vaksinasi booster kedua yang dilayani Senin - Jumat mulai pukul 09.00 - 12.00 WIT.

"Dengan vaksinasi booster kedua diharapkan tidak ada lagi kasus baru COVID-19, selain itu masyarakat sadar untuk melalukan vaksinasi untuk melindungi diri," ujar Wendy. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini