Baznas Renovasi Rumah Warga Miskin di Ternate

Share:

Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman menyerahkan satu unit rumah warga yang telah selesai direnovasi yang dimiliki seorang warga miskin Iswanto Radjab yang telah ditempati selama 12 tahun dalam kondisi kurang layak.

satumalukuID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, Maluku Utara   menyerahkan satu unit rumah warga yang telah selesai direnovasi milik seorang warga miskin Iswanto Radjab yang sebelumnya  ditempati selama 12 tahun dalam kondisi kurang layak. 

Ketua Baznas Kota Ternate, H Adam Ma’rus dihubungi, di Ternate Jumat (27/1/2023), mengatakan kegiatan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)  masuk dalam program Ternate Peduli, salah satu dari lima program unggulan Baznas Ternate bekerja sama  dengan Baznas RI yang sejak akhir 2022 . 

"Dalam waktu dekat ada satu unit lagi yang akan kita serahkan ke pemiliknya karena telah selesai direnovasi. Kita berniat sampai pertengahan  2023 ini ada tiga unit lagi yang akan kita renovasi," kata Ma’rus.

Khusus untuk rumah milik Iswanto  dibutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk proses renovasi, dengan total bantuan dana dari Baznas sebesar Rp25 juta. 

"Dana ini memang kecil jika dibandingkan dengan pekerjaan yang begini banyak, tetapi alhamdulillah kita cukupkan saja dengan menyesuaikan bagian-bagian yang mendesak,” katanya.

Sementara, Salsahadilla, putri Iswanto Radjab memberi ucapan terima kasih di hadapan Wali kota dan  tak mampu menyembunyikan rasa haru. 

Berkali-kali ia terisak dan tak mampu berkata-kata. Gadis yang masih duduk di bangku kelas III SMA itu menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada pemerintah dan Baznas, yang telah merenovasi rumah mereka sehingga layak untuk dihuni. 

"Ini mungkin belum sebagus rumah orang lain, tapi kami sangat bersyukur, ini karunia Allah lewat tangan-tangan baik para dermawan, pemerintah dan Baznas," ujar Salsahadilla.

Acara penyerahan RTLH ini juga disaksikan Kepala Bagian Kesra dan Kepala Bagian Humas Pemkot Ternate, para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Dalam kesempatan itu juga diserahkan sejumlah bantuan kepada warga kurang mampu di Kelurahan Sango. 

Penyerahan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) tersebut dilakukan langsung Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman.

Dalam kesempatan itu Wali Kota yang didampingi Camat Kota Ternate Utara dan Lurah Sango mengatakan, renovasi RTLH ini merupakan wujud kepedulian  kepada sesama dan harus terus ditingkatkan. 

Menurut Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman  dalam kehidupan bermasyarakat kita perlu melihat tetangga  yang mungkin kekurangan dan butuh bantuan. 

Dia menambahkan, masih banyak warga kota yang tempat tinggal kurang layak, sehingga dibutuhkan kepedulian semua pihak untuk mengantisipasi hal ini. 

Tauhid juga memberi apresiasi langkah yang dilakukan Baznas Kota Ternate , dengan harapan semakin banyak rumah warga yang direnovasi di masa mendatang. (Abdul Fatah/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini