Siapa Peraih Golden Glove? Apa Kata Mereka Tentang Partai Final Argentina v Prancis

Share:


satumalukuID - Arena FIFA World Cup atau Piala Dunia (PD) Sepakbola 2022 tersisa satu pertandingan. Yaitu antara timnas Argentina vs Prancis yang akan berlangsung di Lusail Stadium, Lusail pada Minggu (18/12) pukul 22.00 WIB (00.00 WIT).

Pertemuan kedua tim ini akan diwarnai dengan pertaruhan reputasi, prestise baik secara tim maupun individu pemain. Tak lupa juga adu gengsi kekuatan sepakbola Eropa dan Amerika Latin.

Banyak kalangan dan netizen di medsos menjagokan Lionel Messi dkk akan tampil sebagai juara. Namun ada pula yang favoritkan Kylian Mbappe dkk akan pertahankan juara. Tentunya dengan alasan masing-masing.

Yang pasti kedua tim sudah siap. Kubu Argentina bahkan sudah memesan jersey Adidas nya untuk edisi kostum juara. Selain itu, jersey nomor 10 Lionel Messi dilaporkan sudah habis terjual di seluruh dunia.

Sebaliknya, pelatih Prancis Didier Deschamp menyatakan timnya siap tempur, sehingga tidak memanggil striker top Karim Benzema yang sudah sembuh dari cedera untuk berlaga di final.

Nah, faktor kesiapan tim secara teknis dan non teknis serta mentalitas akan menjadi penentu siapa pemenangnya. Tentunya faktor kejelian menyusun strategi dua pelatih yakni Lionel Scaloni dan Didier Deschamp akan jadi pembeda.

Ada dua motivasi utama lainnya. Prancis akan berusaha pertahankan gelar juara dan menyamai rekor Italia dan Brazil sebagai juara beruntun. Sedangkan Lionel Messi juga ingin akhiri karier dengan gelar bergengsi yang belum pernah ia peroleh.

GOLDEN GLOVE

Terlepas siapa yang juara dan siapa nantinya yang akan jadi pemain terbaik. Kini prediksi siapa kiper atau penjaga gawang yang merebut gelar golden glove atau sarung tangan emas juga menarik disimak.

Dipastikan hanya ada empat kiper yang berpeluang meraihnya. Yaitu Dominik Livakovic (Kroasia), Yassine Bounou 'Bono' (Maroko), Emiliano Martinez (Argentina) dan Hugo Lloris (Prancis).

Keempat kiper itu dinilai punya performa paling menonjol di PD 2022. Mereka bahkan mengungguli kiper papan atas lain seperti Alisson Becker (Brasil) dan Manuel Neuer (Jerman).

Mengacu statistik Whoscored, Dominik Livakovic memperoleh nilai 7.09 dalam 6 penampilan di PD 2022. Angka tersebut lebih besar dari 3 kandidat kiper terbaik lain, seperti: Bono (6.83), Emiliano Martinez (6.59), dan Hugo Lloris (6.69).

Sayangnya, khusus pada laga semifinal kontra juara bertahan Prancis, Bono tidak dalam performa terbaiknya. Ia gagal melakukan save, bahkan harus kebobolan 2 gol dari 2 kali shot on goal yang dilakukan para pemain Les Bleus.

Sedangkan, Livakovic tampil cukup gemilang di final penentuan juara tiga saat Kroasia sukses kalahkan Maroko 2-1. Nilai plusnya pasti naik untuk pamornya.

Dari catatan tersebut, diprediksi Livakovic punya peluang terbuka meraih gelar golden glove alias sarung tangan emas.

Namun bila partai final nanti, Hugo Lloris maupun Emiliano Martinez tampil gemilang dengan skill dan aksi save gawang Prancis serta Argentina. Maka peluang Livakovic bisa saja terancam oleh keduanya.

APA KATA MEREKA?

Imran Nahumarury (Eks Pemain Timnas/Pelatih)

Final PD 2022 jadi partai final kedua untuk Argentina dalam dua tahun terakhir, Sebelumnya, mereka sudah tampil di final Copa America 2021 mengalahkan Brasil dan menjadi juara. Kini mereka kembali menginjakan kakinya di partai final.

Tidak hanya Copa America 2021 trofi yang diraih Argentina dalam dua tahun terakhir, ada juga trofi Finalissima saat mengalahkan Italia beberapa waktu lalu.

Messi dalam top perfomance 3 assist dan 5 gol menjadi bukti, Tidak hanya Messi, yang juga tampil cemerlang adalah Lautaro Martinez, Tak hanya sekali, duet Lautaro Martinez dan Lionel Messi dalam skema 4-4-2 ala Lionel Scaloni juga mampu membawa Argentina tumbangkan Italia dan merengkuh gelar Finalissima.

.Jadi, intinya saya prediksi Argentina berpeluang besar meraih juara PD kali ini dengan asumsi miliki mental juara, Messi dan Lautaro lagi gacor dan faktor pelatih/tactical flexibility.


Zakarias Rumlus (Eks Pemain PSA/PSP/PSM)

Partia final Argentina vs Prancis partai sangat menarik. Ada dua bintang yg berbeda generasi. Argentina dengan Messi yang sudah berusia 35 tahun memiliki ambis unruk menutup kareir sepakbola dengan gelar juara Piala Dunia.

Sedangkan, Prancis dengan Kylian Mbappe yang masih muda tampil dengan pridikat juara bertahan, tentu ingin pertahankan gelar juara dunia.

Secara kualitas tim kedua nya bagus namum Argentina dan Messi memiliki motivasi yang tinggi menjadi juara kali ini. Skor akhir 2-0 buat La Albicelete.


Dirk Soplanit (Anggota Exco PSSI).

Sulit juga untuk prediksi pemenang, namun saya ada 3 catatan. Yaitu kedua tim punya kemampuan teknis yang merata di semua lini.

Karena ini partai puncak, jadi tim yang menjaga konsistensi permainan terbaik yang bisa keluar sebagai pemenang seperti Argentina ketika mengalahkan Kroatia maupun Perancis saat kalahkan Maroko.

Faktor non teknis, tim yang memiliki determinasi tinggi pasti akan menjadi pemenang, tapi ini pun sulit diramalkan karena sama-sama berambisi merebut tiga bintang. Begitu pula Messi dalam kaitannya denganPiala Dunia terakhir baginya, sedangkan bagi Mbappe ini awal dia utk terus bersinar.


Sandi Wattimena (Kadispora Maluku)

Argentina vs Prancis ini partai Final Ideal PD 2022. Beta jagokan Argentina menang 2-0. Pengalaman di PD 2018 Argentina kalah 4-3 merupakan pelajaran berharga buat pelatih Scaloni sehingga dapat mematahkan Prancis dengan strategi jitu. 

Prancis juga masih dengan mayoritas formasi skuad 2018 tidak bisa dianggap remeh, namun dengan strategi jitu dari Argentina ditambah adanya faktor Messi sebagai motivator, maka beta yakin kali ini Argentina yang juara dunia 2022.


Karel Sahulata (Wiraswasta - Jakarta)

Kita harus objektif bahwa kekuatan Argentina dan Prancis sama. Tidak berbeda jauh. Hanya faktor keberuntungan dan non teknis bisa jadi pembeda, selain teknis dan strategi.

Namun demikian, di partai final harus ada pemenang. Meskipun kekuatan berimbang dan hasil akhirlah yang menentukan. Tetapi beta berharap Argentina lah yang keluar sebagai juara. Sekaligus moment Lionel Messi akhir "puasa" gelar Piala Dunia dan sekaligus Argentina miliki bintang tiga.


Mukhlis Fataruba (Dosen FISIP Unpatti)

Sebagai fans Prancis, beta bangga atas capaian Les Bleus dalam di Qatar 2022 kali ini. Karena mereka telah mematahkan mitos kutukan, bahwa Sang Juara Bertahan tidak akan lolos dalam fase penyisihan. 

Ternyata, dengan motivasi sebagai sang juara ditambah pelatih Didier Deschamps yang cerdas dalam mengatur formasi serangan, tim Ayam Jantan bahkan lolos sampai final.

Dengan motivasi pemain yang tinggi serta kecerdasan pelatih dalam menyusun formasi serangan maka saat melawan Argentina, beta pastikan Prancis akan memecahkan rekor baru dengan memboyong tropi secara berturur-turut. 

Kemenangan itu bahkan diraih dengan sangat mudah, mengingat benteng pertahanan Argentina yang kurang solid dalam beberapa pertandingan. Beta prediksi hasilnya 3-1 untuk kemenangan Prancis.


Embong Salampessy (Jurnalis/Photografer)

Siapa pemenangnya partai final Argentina vs Prancis? Ini sulit memang diprediksi. Namun melihat kekuatan kedua tim meski seimbang. Namun Argentina terlihat sangat bergantung pada pemain-pemain bintang seniornya seperti Lionel Messi, Angel Di Maria dan Otamendi.

Sebaliknya Prancis memiliki skuad pemain yang merata di segala posisi dan punya pengalaman. Atas dasar itulah, beta jagokan Prancis akan pertahankan gelar juaranya. Skor 2-1 untuk Prancis. (novi pinontoan)

Share:
Komentar

Berita Terkini