Pemkot Ambon Raih Penghargaan Garnas Buana Utama dari Kemendagri

Share:

Pemerintah Kota Ambon menerima penghargaan Garnas Buana Utama diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, diterima Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demianus Paais, di Jakarta, Rabu (21/12/2022).
Photo: Ho-Diskominfosandi Ambon/ant

satumalukuID - Pemerintah Kota Ambon menerima penghargaan Garda Nasional Bumi dan Bencana (Garnas Buana Utama) dari Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan Garnas Buana Utama diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, diterima Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demianus Paais di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Garnas Buana merupakan penghargaan yang diberikan Kemendagri kepada Provinsi, Kota dan Kabupaten yang telah menyelenggarakan tiga pelayanan dasar dalam penanggulangan bencana yakni; Pelayanan Informasi Rawan Bencana, Pelayanan Pencegahan dan Kesiapsiagaan serta Pelayanan Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana.

Demy menyatakan, setelah melewati tahapan seleksi berkas dan wawancara, BPBD Kota Ambon dan dua Kota dan Kabupaten lainnya di Provinsi Maluku masuk kategori menerima penghargaan.

“Setelah kita lewati dua tehapan seleksi, Kota Ambon bersama dua kabupaten/kota lainnya di seluruh Indonesia berhasil meraih penghargaan Garnas Buana Utama tahun 2022,” katanya.

Sebanyak 187 Daerah di seluruh Indonesia ikut dalam proses seleksi dengan rincian 26 Provinsi dan 161 Kota/Kabupaten.

Kota Ambon menempati urutan tiga terbaik dalam pelaksanaan tiga pelayanan dasar dalam penanggulangan bencana.

“Kota Ambon menduduki posisi tiga terbaik memasukan evidence penilaian penerapan SPM setelah Kota Medan terbaik pertama dan Kabupaten Lombok Barat menduduki terbaik dua,” katanya.

Dirinya berharap apa yang telah di terima Kota Ambon saat ini, akan dipertahankan dan tentunya di tahun yang akan datang akan lebih baik bahkan bisa menduduki posisi pertama. (Penina Fiolana Mayaut/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini