Kota Ambon Raih Posisi Kedua Terbaik Nasional Realisasi ‘Kejar’

Share:

Pj. Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, menerima penghargaan serta melaunching “Geraakan Satu Minggu Satu Hari Menabung”,, Selasa (6/12/2022).-pemkotambon-

satumalukuID - Kota Ambon berhasil menduduki posisi kedua terbaik dalam merealisasikan salah satu program nasional yaitu, satu rekening satu pelajar, yang dikenal dengan sebutan “Kejar”.

Hal tersebut tentu mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) dalam upaya mengembangkan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan percepatan membangun akses terhadap berbagai layanan keuangan, serta membantu masyarakat dalam menerapkan skala prioritas dalam mengelola keuangannya.

“Hal ini tentu sejalan dengan usaha kita untuk melakukan inovasi lebih cepat dalam membangun inklusi keuangan dan literasi keuangan,” ungkap, Pj. Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat menerima penghargaan serta melaunching “Gerakan Satu Minggu Satu Hari Menabung”,, Selasa (6/12/2022).

Dijelaskan, terdapat enam sekolah yang menjadi pilot project terhadap program nasional yang dilanching. Oleh sebab itu, ia berharap anak-anak generasi Z dapat memanfaatkan jasa keuangan dengan baik.

“Ada enam sekolah piloting semuanya di tingkat menengah pertama, yaitu; SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 9, SMP Negeri 11, 19, dan SMP Negeri 10. Ini mengajarkan mereka untuk hidup hemat gemar menabung untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku, Rony Nazar memberi apresiasi terhadap kota Ambon yang telah meraih posisi kedua untuk tingkat nasional implementasi program “Kejar”.

“Ini sekali lagi sangat membanggakan bahwa kita bisa menyampaikan kepada seluruh Indonesia meskipun kita jauh di timur, namun bisa berprestasi bahkan lebih baik dari kota-kota lainnya,” terangnya.

Menurutnya, pencapaian ini atas kerja keras tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) yang terdiri dari Pemerintah Daerah (Pemda), Regulator, Stakeholder Lembaga Jasa Keuangan (LJK) perbankan maupun non perbankan, Asosiasi LJK, dan Akademisi.

“Marilah kita bersama-sama berkolaborasi bersinergi seluruh elemen di Kota Ambon termasuk juga OJK, guna berkarya bagi kesejahteraan masyrakat,” ujar Nazar (novi)

Share:
Komentar

Berita Terkini