BI Maluku Siapkan Rp1,17 Triliun Layani Permintaan Uang Jelang Natal

Share:

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Bakti Artanta.
Photo: John Soplanit/ant

satumalukuID - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku menyiapkan uang kartal Rp1,17 triliun guna mengisi kebutuhan uang tunai bagi masyarakat menghadapi perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"BI Maluku sudah melakukan koordinasi dengan teman-teman perbankan yang ada di daerah ini sebagai persiapan kebutuhan masyarakat menjelang hari raya maupun memasuki tahun baru," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku Bakti Artanta di Ambon, Rabu (14/12/2022).

Bakti menjelaskan dari sisi kebutuhan uang untuk perbankan mencapai sekitar Rp1,17 triliun tersebut jumlahnya naik 12,9 persen dibandingkan tahun 2021 yang hanya Rp1,03 triliun.

Jumlah uang itu terdiri dari Uang Pecahan Besar (UPB) Rp50.000 hingga Rp100.000 mencapai Rp1,12 triliun dan sisanya terdiri dari pecahan Rp20.000 ke bawah. 

"Kalau di tahun 2021 katakanlah banyak yang tidak mudik, maka kami prediksi di tahun 2022 ini banyak yang mudik. Itulah yang menyebabkan jumlah uang kuartal ini sedikit naik, termasuk kebijakan-kebijakan yang kita rasakan saat ini, apakah itu bansos dan lainnya itu yang menyebabkan kita menyiapkan uang kartal," ujarnya.

Untuk wilayah Ambon dan sekitarnya seperti Kabupaten Maluku Tengah, termasuk Seram Bagian Barat (SBB),  BI masih bisa mengatasi pengiriman langsung dari Ambon. Sedangkan untuk wilayah-wilayah terluar seperti Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KTT), Kabupaten Kepulauan Aru, pengiriman uang akan ditempatkan melalui kas titipan.

"Jadi kita sudah droping ke kas titipan di Namlea, kas titipan Tual, kas titipan Saumlaki, termasuk di kas titipan Fak-fak (Papua), mudah-mudahan hingga akhir tahun teman-teman di kas-kas titipan itu siap untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat, termasuk kebutuhan ATM," ujarnya.

Di Namlea, lanjutnya, BI baru melakukan pemenuhan uang pada awal Desember. Sedangkan di Tual, Saumlaki, dan Fak-fak, sudah dilakukan sejak akhir bulan November 2022.

"Mudah-mudahan untuk keperluan uang disana bisa terpenuhi, dan kami optimis untuk itu," katanya.

Selain itu BI Maluku juga sudah melaksanakan kas keliling di Kota Ambon sejak tanggal 7-14 Desember 2022, kemudian bank-bank lainnya di Kota Ambon. (Jimmy Ayal/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini