Tujuh Kabupaten/Kota Ikuti Pertandingan Kempo Porprov Maluku

Share:

Atlet cabang olahraga kempo asal Kabupaten Maluku Barat Daya atas nama Levinus berhadapan dengan Akbar (SBT) pada Popmal IV 2022 di GOR Hitimese Unpatti Ambon. (19/11/2022)

satumalukuID - Ketua pelaksana cabang olahraga kempo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Maluku IV 2022 Michael Lawalata mengatakan, tidak semua kabupaten dan kota mengirimkan atletnya untuk bertarung di cabang olahraga beladiri ini.

"Hanya ada tujuh dari dari 11 kabupaten dan kota di Maluku yang mengirimkan atletnya untuk bertanding," kata Michael di Ambon, Sabtu (19/11/2022).

Tujuh daerah tersebut diantaranya Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya, dan Kota Ambon.

Menurut dia, untuk pertandingan hari pertama babak penyisihan ini mempertandingkan nomor embu beregu putera dan puteri, serta embu campuran.

Kemudian dipertandingkan nomor randori putera 50 kg, 55 kg, 60 kg, 65 kg, dan kelas 70 kg, sedangkan nomor randori puteri untuk kelas 45 kg, 48 kg, 51 kg, dan 54 kg.

"Untuk randori 48 kg puteri hanya diikuti atlet dari tiga daerah yakni Kabupaten Buru Selaran, Kota Ambon, dan Kabupaten Seram Bagian Timur sehingga pertandingannya menggunakan sistem setengah kompetisi," ujar Michael.

Artinya seorang atlet bisa bertanding lebih dari satu kali untuk mengumpulkan point, seperti randori 48 kg puteri atas nama Ainurhayati (Kota Ambon) yang hanya mendapat point 5 dan kalah atas lawannya Fitri (Buru Selatan) setelah melalui perpanjangan waktu karena masing-masing mendapatkan nilai sama di babak awal.

Di pertandingan randori 60 kg putera, Levinus (MBD) mendapat nilai kosong dan dikalahkan lawannya Akbar (SBT) mendapatkan nilai 5 setelah melalui dua kali perpanjangan waktu bertanding.

Kemudian Yacob (Malteng) nilai kosong berhadapan dengan Yulius (MBD) yang mendapatkan nilai 5, Almendo (SBB) menang lima kosong atas Rusdi (Buru Selatan), Aldi (SBT) menang lima kosong atas lawannya Jastin (SBB).

Partai Embu beregu berpasangan kyukenshi Kota Ambon masih unggul sementara dan wasit yang memimpin pertandingan Robby Yohanes sebagai wasit utama dibantu Yoseph, Frans sopacua,dan Yany kaya, dan Jeremy Papilya.

Regu pertama kiyukensi Imanuel Steven Nanlohy, Leonardo Wanggai, Rifaldy Yainahu, Yohanes sumanik, dan regu kedua Mecklyn Nanlohy, Kresialia Amanda Telussa, Efa Hogendrop, dan Rani Kwairumaratu.

Pertandingan embu beregu untuk regu ketiga Sonia Sitorus, Jeina Pesireron, Prudence Mirel Lawalata, dan Imanuela Halatu.

Michael menambahkan, pertandingan penyisihan hari ini sempat diistirahatkan pada saat makan siang dan dilanjutkan hingga sore hari, sementara babak final cabang olahraga Kempo pada Popmal 2022 dijadwalkan berlangsung pada Rabu, (23/11/2022). (Daniel Leonard/ant)
Share:
Komentar

Berita Terkini