POPMAL IV Berakhir, Kota Ambon Juara Umum, Malteng Kedua, KKT Ketiga, Tual Tanpa Emas

Share:

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan Sekot Ambon Agus Ririmasse dengan Piala Juara Umum. Disebelahnya Penjabat Bupati Malteng dan KKT.

satumalukuID - Kontingen Kota Ambon berhasil penuhi target sebagai juara umum Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV yang berlangsung sejak 17 - 27 November 2022.

"Persaingan perebutan medali di arena POPMAL IV telah berakhir. Hingga pukul 00.00 WIT Minggu dinihari, kontingen Kota Ambon meraih juara umum," ungkap Sekretaris Panpel multi event itu, Roy Mongi kepada media ini, Minggu (27/11/2022).

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail pada penutupan POPMAL IV di Lapangan Merdeka, meminta agar pemerintah dalam hal ini KONI kabupaten kota di Maluku serta seluruh pemangku kepentingan melaksanakan pembinaan untuk selalu melakukan langkah konstruktif secara berkelanjutan dan berkesinambungan untuk hasilkan atlet berprestasi.

"Kita akan selalu mendukung anak anak dalam mengembangkan prestasi sampai kemanapun untuk menjadi yang terbaik dan bukan hanya di tingkat daerah, tapi di seluruh Indonesia untuk terus mengharumkan nama Provinsi Maluku," ujar Murad, Minggu (27/11/2022).

Hasil POPMAL IV mengantar Kota Ambon dengan moto "Bersatu Manggurebe Maju" yang dipimpin Penjabat Walikota Bodewin Wattimena tersebut, mengakhiri persaingan 11 kabupaten kota dengan rmeraih 76 medali emas, perak 52 dan perunggu 54.

Cabang olahraga (cabor) yang sukses sumbang emas terbanyak bagi Kota Ambon yaitu tinju, tenis meja, atletik, kempo, taekwondo, karate, renang dan lainnya.

Di posisi kedua klasemen umum, ditempati kontingen Maluku Tengah (Malteng) yang dipimpin Penjabat Bupati, Muhammat Marasabessy, dengan perolehan medali emas 19, perak 21, perunggu 21.

Sedangkan kontingen peraih medali terbanyak ketiga adalah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT). Kabupaten yang dipimpin Penjabat Bupati Daniel Indey, berhasil meraih medali emas 14, perak 13 dan perunggu 22.

Periingkat selanjutnya ditempati Maluku Tenggara dengan medali emas 12, perak 9, perunggu 26. Seram Bagian Barat emas 7, perak 10, perunggu 25. Kepulauan Aru emas 6, perak 7, perunggu 9.

Kabupaten Buru Selatan emas 5, perak 14, perunggu 22. Kabupaten Maluku Barat Daya emas 4, perak 10, perunggu 18. Kabupaten Buru emas 4, perak 9, perunggu 11. Kabupaten Seram Bagian Timur emas 4, perak 3, perunggu 11.

Satu-satunya kontingen yang gagal meraih medali emas adalah Kota Tual. Mereka hanya memperoleh medali perak 3 dan perunggu 7.


TINJU AMBON 12 EMAS

Sementara itu, tim tinju Kota Ambon sukses merebut 12 medali emas dari 13 kelas partai final cabor tinju di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat malam (25/11/2022).

Satu medali emas direbut oleh petinju KKT di kelas elite men 75 kg atas nama Fandy Tukane. Fandy mengalahkan rekannya dari KKT juga Matheos Romroma.

Sedangkan 12 petinju Kota Ambon yang merebut emas adalah Monica Isikiwar di kelas elite women 48 kg. Monica kalahkan Ullen Lurusmanat dari Kota Tual. 

Di kelas 52 kg, Sella Soplanit kalahkan Rahmiwati Wakano (Buru Selatan). Pada kelas 54 kg, Wa Isma menang atas Imelda Tasane (Buru Selatan). Sedangkan kelas 60 kg Juliana Patty kalahkan Dessy Ohoiulun (Kota Tual).

Di kelas elite men 48 kg, Dilan Isikiwar kalahkan Edward Imuly (KKT). Kelas 51 kg Waldimier Hengtsz menang atas Faisal Mahasari (KKT). Kelas 54 kg Novi Sahuleka unggul atas rekannya dari Ambon, Otniel Isikiwar.

Selanjutnya di kelas 57 kg, Yance Masrikat kalahkan John Pelamonia (Seram Bagian Barat). Di kelas 60 kg Julius Lumoly unggul atas Delfian Latuwael (Bursel). Di kelas 63 kg Stevi Nikolebu kalahkan Samuel Silubun (Malra).

Di kelas 67 kg Ralin Lumoly menang atas rekannya dari Ambon, Johanis Fatubun. Di kelas 71 kg Buce Tibalameten kalahkan Manase Luturmas (KKT).

"Target kami juara umum cabor tinju berhasil. Para atlet tampil sesuai arahan dan semangat bertanding maksimal," ujar David Isikiwar, salah satu pelatih tinju tim Kota Ambon.

Sementara itu, di cabor futsal tim Kota Ambon sukses meraih medali emas, setelah pada partai final mengalahkan Maluku Barat Daya (MBD) 6-0 yang harus puas dengan medali perak. 

Sedangkan medali perunggu diraih oleh Kota Tual, karena pada perebutan juara tiga menang 4-1 atas Kabupaten Buru. (RT/NP)

Share:
Komentar

Berita Terkini